preloader

Orang Korea Tidak Bau Badan?

Kalian pasti pernah liat idol Korea yang sedang tampil di panggung penuh dengan keringatkan? Kalian juga pasti penasarankan dengan keringat yang begitu banyak hingga membasahi tubuh mereka itu bau ngga ya?

Jawabannya itu “TIDAK”

Mereka itu tidak bau badan. Eeiitts tapi bukan karena mereka memakai deodoran atau perawatan yaa…

itu karena sebagian besar orang Korea secara alami tidak memiliki gen pembawa bau badan dalam kromosonnya meskipun mereka menjalani aktivitas tinggi.

Laporan dari The Korea Times menyebutkan ada gen yang mempengaruhi bau badan seseorang. Gen itu dikenal dengan nama ABCC11. Gen ini dimiliki hampir semua orang di kawasan Asia Timur, khususnya Jepang dan Korea.

Seperti yang diketahui, gen merupakan susunan dari rantai panjang DNA yang membentuk suatu sifat tertentu dalam kromoson manusia. Sifat – sifat yang dibawa oleh gen akan tampil sebagai sifat fisik yang dimiliki manusia.

Menurut soerang ahli epidemiologi genetik di University of Bristol bernama Day kepada Live Science, gen ABCC11 adalah penentu tunggal apakah sesorang menghasilkan bau ketiak ataupun tidak. Secara lebih lanjut, Day menjelaskan bahwa kebanyakan orang Asia Timur dan hampir semua orang Korea kekurangan gen ini. Namun, hanya sekitar 2% orang Eropa saja yang kekuranan gen ini. sehingga dapat disimpulkan orang – orang Korea dan Asia Timur mengalami mutasi genetik yang membuat mereka tidak bau badan. Kekurangan gen tersebut tidak mengubah jumlah produksi keringat. Mereka tetap berkeringat, namun keringatnya tidak bau.

Nah, sekarang jadi tahukan?

Baca artikel lainnya di guruahli.id yaa

Source : kompas.com & beautynesia.id

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *