preloader

Rambut dan Kuku Memiliki Protein yang Sama?

Kalian suka kepikiran gak sih kenapa kuku bisa terus tumbuh dan ga abis – abis, padahal kita sering banget potong kuku?

Jadi gini guys, kuku itu terbuat dari sel mati yang mengeras yang disebut keratin. Ini adalah zat serupa yang dimanfaatkan tubuh untuk membentuk rambut. Keratin memainkan peran penting bagi kuku, melindungi dari kerusakan serta membuatnya kuat. (laman Health Line)

Keratin juga membentuk sel – sel yang merupakan bagian penting dari banyak kelenjar dan melapisi organ – organ internal dalam tubuh.

Lalu, bagaimana kuku tumbuh? Dibalik kutikula pada jari tangan dan kaki, tepat dibawah kulit, struktur yang disebut “akar” menghasilkan sel – sel hidup yang membentuk kuku. Juga dikenal sebagai matriks, kantong kecil daging ini terhubung ke pembuluh darah yang memasok kuku dengan nutrisi yang dibutuhkannya untuk membuat sel – sel baru.

Ketika sel – sel pada akar kuku tumbuh, sel – sel kuku baru mendorong keluar sel – sel kuku lama. Muncul dari bawah kulit dan menuju ke tempat terbuka, sel – sel yang lebih tua berubah menjadi rata dan mengeras.

Kuku tumbuh secara perlahan – lahan, sekitar persepuluh inci atau 2,5 milimeter setiap bulannya. Untuk menumbuhkan kuku hingga penuh memerlukan waktu hingga 3 bulan. Namun, hal ini bergantung pada kesehatan dan asupan gizi yang kita konsumsi sehari – hari.

Nah, sekarang jadi tahukan?

Baca artikel lainnya di guruahli.id yaa

Source : m.liputan6.com & idmtimes

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *