preloader

Hukum I Newton

hukum I newton

Nah, tahu gak apa itu MAGER? Mager atau Malas Gerak adalah keadaan dimana seseorang malas untuk ngapa-ngapain, banyak keadaan yang bisa membuat orang mager, salah satu diantaranya adalah kalo tubuh kita lagi tiduran atau lagi selonjoran sambil main game, kita cenderung malas untuk menggerakkan tubuh kita, kenapa? Karena tubuh kita yang punya berat tertentu, cenderung untuk sulit digerakkan ketika sedang diam.

Dalam ilmu fisika, konsep ke-mageran itu disebut dengan kelembaman, dan tingkat kelembaman itu disebut massa (m) (bukan BERAT ygy…)satuannya kilogram (kg). ketika sebuah benda tersebut punya massa yang cukup besar, maka benda tersebut cenderung sulit digerakkan,

“Semakin besar massa, semakin sulit benda tersebut untuk digerakkan”.

Hukum Newton

Nah, kalian perlu tahu nih, Terdapat tiga hukum dasar tentang gerak benda yang dikemukakan oleh Om Isaac Newton, yaitu :

Hukum I Newton

Bagi kalian kaum rebahan, ada hukum fisika yang cocok menggambarkan hobi kalian, yaitu Hukum I Newton yang berbunyi.

“Jika total tarikan atau dorongan (bahasa kerennya “GAYA”) yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol, maka benda yang diam, akan tetap diam DAAANNN jika benda tersebut dalam keadaan bergerak dengan kecepatan konstan, maka benda tersebut akan tetap bergerak dengan kecepatan tersebut”

F = 0

Hukum II Newton

Bagi yang suka mageran…, memang butuh sesuatu untuk mengubah keadaan kalian nih, sesuatu itu disebut Gaya…, kalo yang ini konsepnya dituangkan dalam Hukum II Newton.

“Percepatan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik terhadap massa benda”

a = F/m

F = m . a

F = gaya (N), m = massa (kg), a = percepatan (m/s2)

Semakin besar gaya yang diberikan, maka percepatan benda semakin besar… namun jika massa kalian semakin besar tentu percepatan gerak juga semaki kecil. Dengan kata lain semakin besar massa  benda, maka semakin besar pula gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkannya, maka wajar kalo semakin mager, Mama kalian butuh penggaris besar dan nada yang lebih tinggi untuk menggerakkan kalian, hehehe.. betul apa betul…?

Ilustrasi gambar

Hukum III Newton

Ngomong ngomong tentang gaya, pernah gak kalian mukul tembok ketika frustrasi (saya sih gak pernah…), ketika kalian mukul tembok, pada saat yang bersamaan tangan kalian merasa sakit, iya kan ? itu kenapa ya? Yaa… Karena itu.

salah kalian sendiri kenapa mukul tembok, becanda ya…, rasa sakit itu muncul akibat tembok memberikan gaya pada tangan kita pada saat yang sama ketika kita memukul tembok tersebut. Nah di fisika gaya yang diberikan tembok ke tangan disebut sebagai gaya reaksi sedangkan gaya pukulan tangan ke tembok disebut gaya aksi. Berdasarkan hukum newton ke III besar gaya aksi benilai sama dengan gaya rekasi namun dengan arah berlawana.

“When one object exerts a force (F1) on a second object, the  second object exerts an equal and opposite force (F2), to the first.”

F1 =  – F2

nah jika kalian ada pertanyaan ataupun saran dan masukan, Kalian juga bisa tinggalin jejak pada kolom komentar bawah ini ya. Jangan lupa buat follow blog ini Guruahli.id dan sampai ketemu lagi pada pembahasan berikutnya ya Semoga ini bisa membantu Terima Kasih.

Baca Juga Artiket Terkait :

  1. Hukum I Newton
  2. Pengertian Momentum dan Impuls
  3. Zat Aditif dan Adiktif
  4. Gerak Lurus Beraturan
  5. Tekanan

ada saran dan masukan silahkan 👉📩 Email Guru Ahli  dev.guruahli@gmail.com

Email Guru Ahli 📩 dev.guruahli@gmail.com

Website 🔗 https://guruahli.id/

Redaksi : Panji

Member Of Guru Ahli

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *