preloader

Cari Tahu Tentang ABCC11, Varian Gen yang Anti Bau Badan!

Sobat Cerdas, pernahkah kamu mendengar tentang ABCC11? ABCC11 adalah nama untuk varian atau tipe gen yang membuat pemiliknya tidak berbau badan. Hal ini disebabkan oleh sedikitnya kadar keringat yang dihasilkan di bagian ketiak atau beberapa bagian tubuh pemilik gen ini.

Pada dasarnya, yang memunculkan bau tidak sedap di badan adalah ketika bakteri yang ada di tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat tersebut menjadi asam. Keringat juga bisa menjadi media berkembang biaknya bakteri, sehingga semakin banyak/mudah seseorang berkeringat, semakin mungkin orang tersebut memiliki bau badan. Hadirnya gen ABBC11 ini lah yang menekan produksi keringat dan berkembang biaknya bakteri sehingga seseorang terbebas dari bau badan.

Sementara itu, gen atau genetika sendiri merupakan pewarisan sifat atau ciri-ciri fisik (hereditas) setiap orang yang bersifat unik. Artinya, tidak semua orang memiliki gen yang sama dan kemiripan gen hanya bisa terjadi dalam keluarga kandung saja. Gen ABCC11 sendiri merupakan tipe yang langka dan hanya dimiliki oleh sekitar 2% populasi di dunia. Pun diketahui jika yang biasanya memiliki gen ini adalah etnis atau penduduk asli Asia Timur, terutama Korea.

Nah, siapa di antara kamu yang punya idola di K-Pop atau K-Drama dan penasaran dengan cara mereka merawat diri? Ternyata, selain perawatan diri yang ekstra sebagai seorang idola, genetik ABCC11 yang mungkin ada dalam diri mereka pun menghindari mereka dari bau badan. Beruntung banget, ya! Mereka yang memiliki tipe gen ini juga tidak diharuskan menggunakan deodorant yang bagi kebanyakan orang merupakan hal wajib untuk digunakan.

Kalau kamu merasa jarang bau badan atau cenderung mengeluarkan sedikit keringat, tidak menutup kemungkinan jika kamu juga memiliki gen ini loh. Salah satu ciri yang jelas dan sering disebut oleh peneliti adalah keringnya kotoran telinga. Hayo, apa kamu termasuk ke 2% orang yang beruntung atau 98% populasi lainnya nih? Apapun itu, pastikan merawat dirimu dengan baik ya! Selain fisik, pastikan juga untuk memperkaya pengetahuan dengan rajin belajar bersama Guru Ahli atau membaca berbagai artikel dan info menarik di blog website kami serta Instagram @guruahliofficial.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *