preloader

Macam-Macam Jurusan Kuliah Eksakta yang Bisa Kamu Pilih

Sobat Cerdas, kamu pasti sudah familiar sekali dengan pembagian jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di SMA. Mungkin ketika pertama kali dihadapkan pada pengkategorian ini, ada beberapa siswa/i yang bingung apa yang seharusnya dipilih. Tapi tidak jadi masalah jika mengetahui perbedaan mendasar ini:

Jurusan IPS cocok diambil oleh mereka yang lebih suka ilmu abstrak seperti seni atau pengetahuan sosial. Anak-anak IPS biasanya suka bersosialisasi dan memang ingin menempuh karir di dunia kreativitas serta terjun langsung di masyarakat. Sementara itu, jurusan IPA/eksak cocok diambil oleh mereka yang suka berhitung dan teori-teori alam yang bisa dibuktikan. Nah, jika sebelumnya sudah banyak dibahas macam-macam jurusan kulih ilmu sosial seperti sastra, sosiologi dan ilmu komunikasi, di bawah ini adalah macam-macam jurusan kuliah eksakta yang bisa kamu pilih!

1. Teknik Sipil
2. Teknik Mesin
3. Arsitektur
4. Matematika
5. Fisika
6. Teknik Industri
7. Ilmu Keperawatan
8. Pendidikan Kedokteran Gigi
9. Kedokteran
10. Teknologi Informasi
11. Teknik Gambar
12. Biologi
13. Kimia
14. Biokimia
15. Biofisika
16. Statistika
17. Teknik Industri
18. Dll.

Apapun jurusan yang kamu pilih, jangan lupa untuk mempersiapkan SBMPTN 2023 bersama Guru Ahli ya! Kamu bisa cari tahu informasi lebih lanjut dengan mengunjungi Instagram @guruahliofficial.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *