preloader

Usaha Mencari Pembenaran Dalam Kehidupan Ini Adalah Sia-Sia Belaka

Stop menyalahkan segalanya!

Sebagai manusia yang menjalani kehidupan tentunya kamu tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Memang masalah tidak bisa diprediksi dan terkadang datang dalam berbagai macam bentuk yang senantiasa membuat hidup manusia semakin sulit, baik secara fisik maupun mental. Namun, terkadang kamu hanya membutuhkan kata-kata motivasi hidup dari orang-orang terpercaya untuk senantiasa membuat hidup kamu lebih semangat.

Tindakan menyalahkan diri sendiri tidak akan pernah ada habisnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Entah karena kamu yang terlalu mengambil tanggung jawab atau karena self-love yang terlalu rendah. Sebesar apapun kesalahan yang kamu timpakan ke orang lain dan sebesar apapun kamu menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubahmu dan itu tidak akan mengubah dirimu menjadi pribadi yang lebih baik.

Ketika kamu selalu menyalahkan segalanya, bukan manfaat yang kamu dapat, justru kemunduran dan kegagalanlah yang akan mengintaimu di masa depan. Nah, cara agar bisa terlepas dari kebiasaan menyalahkan diri sendiri yang bisa kamu coba dari sekarang seperti lebih rileks dalam menjalani hidup, jangan mencari siapa yang salah setiap sesuatu yang terjadi di luar kendali, fokuslah pada cara mengatasi masalah tersebut, tidak membiarkan faktor eksternal mempengaruhi pikiranmu, memiliki self-love dan self-awareness yang tinggi.

Jangan langsung murung dan meratapi kesalahan ketika sesuatu terjadi di luar kendali. Sadarilah bahwa kamu gak bisa meng-handle segala hal dalam satu waktu. Ketegangan dan idealisme yang terlalu tinggi biasanya akan membuat kamu berada dalam tekanan. Makanya, diperlukan sedikit perasaan rileks dan sesekali keinginan untuk menikmati hidup agar kamu tidak melulu dengan mudahnya menyalahkan diri sendiri ya sobat cerdas. Juga jangan mencari kambing atas apa yang telah terjadi. Lebih bijak kalau kita mencari pemecahan yang akan menghasilkan sesuatu berguna dan memberi manfaat.

Sebenarnya, tidak salah jika berkeinginan untuk mencari siapa yang salah atas suatu kejadian selama ada evaluasi dan masukan yang membangun setelahnya. Namun, jika keinginan untuk menyalahkan ini muncul begitu saja tanpa disertai solusi, lebih baik kebiasaan ini dikurangi saja ya sobat cerdas.Apapun alasan yang menjadi penyebab untuk selalu menyalahkan diri sendiri tidak akan menyelesaikan permasalahan apapun. Yang ada, itu semua hanya akan membuat dirimu semakin terpuruk. Biasakanlah untuk tidak larut dalam penyesalan.

Tanamkan dalam dirimu bahwa segala hal terjadi demi kebaikanmu juga nantinya. Jadikan hal itu sebagai bahan renungan dan perbaiki diri dengan lebih bersungguh-sungguh. Sikap menyalahkan orang lain atau sesuatu yang berada di luar kontrol diri adalah sikap yang dapat menghentikan laju kesuksesanmu. Fokus menerima masalah yang ada. Coba berkomitmen untuk mengambil tanggung jawab penuh pada hidupmu dan hadapi setiap masalah yang ada dengan percaya diri.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *