preloader

Amazing Papua

Keberadaan suku Korowai baru di temukan sekitar setengah abad lalu. Suku Korowai adalah orang-orang Papua yang hidup di atas pohon. Lokasi tepat keberadaan mereka yang tinggal dan membuat rumah di pepohonan itu berada wilayah Kaibar, Kabupaten Mappi,Papua.

Disebutkan bahwa sampai tahun 1970, suku ini tidak mengetahui keberadaan orang lain selain kelompok mereka sendiri. Pulau Papua dan sekitarnya tidak diragukan lagi akan keindahan juga kekayaan alamnya,pun kehidupan suku-sukunya sangatlah menarik. Suku Korowai tinggal di rumah pohon setinggi 15 hingga 50 meter. Mereka punya pelajaran tentang kecintaan terhadap alam.

Jika berkunjung ke rumah pohon suku Korowai, kamu harus menyusuri hutan yang masih lebat dan liar. Menjaga kelestarian alam adalah tanggung jawab dari suku Korowai karena mereka sangat peduli dengan alam di Papua. Sepanjang jalan ke wilayah suku Korowai dapat di temukan satwa-satwa seperti burung urip atau nuri Papua, serangga hutan, kupu-kupu hutan dan bahkan burung cenderawasih yang berkeliaran bebas di hutan tersebut. Pepohonan besar puluhan meter, terik matahari, serta udara yang sejuk akan mengiringi perjalanan kamu.

Rumah pohon suku Korowai adalah bangunan yang sangat unik. Mereka membangun rumah di atas pohon supaya tidak terganggu dari serangan binatang buas. Bahan yang digunakan untuk membuat rumah pohon tersebut berasal dari wilayah rawa dan hutan di sekitar mereka, seperti kayu, rotan, akar,dan ranting pohon. Bahan-bahan sederhana tersebut disatukan menjadi sebuah rumah yang kokoh. Yang membuat takjub adalah suku Korowai membuat rumah tidak menggunakan paku, namun hanya diikat akar rotan. Anehnya lagi, rumah tersebut kuat dan tangganya merupakan bagian batang pohon atau langsung dari akar rotan.

Rumah ini terlihat cantik dan menempel di pohon dengan ketinggian 15 hingga 50 meter. Ketika kamu sudah berada di dalamnya, sobat cerdas dapat melihat hamparan hutan yang hijau juga lebat. Suku Korowai hanya turun dari rumah untuk mencari makanan, seperti buah-buahan dan daging. Uniknya,mereka berburu hanya sedang jika lapar. Selain itu, mereka juga tidak pernah menebang pohon sembarangan dan hanya menebang jika diperlukan secukupnya.

Tidak heran walau sudah ratusan tahun, suku Korowai menetap di hutan Papua. Namun, hutannya masih lebat dan terjaga kelestarian flora dan faunanya. Sungguh nusantara luar biasa ya indahnya sobat cerdas. Sebaiknya kita sebagai generasi muda dapat terus menjaga kelestarian alam di negera tercinta kita yaitu Indonesia. Warisan yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita, patutlah kita jaga dan menganggap bahwa kita bertanggungjawab penuh atas alam ini.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *