preloader

Pelayan di Burung Besi

Siap menerima risiko, mempertaruhkan nyawa setiap kali terbang

Sobat cerdas, apa yang kamu ketahui tentang profesi pramugari dan pramugara? Pramugari adalah karyawati perusahaan pengangkutan umum (udara, darat dan laut) yang bertugas melayani penumpang, sedangkan pramugara itu sebutan untuk karyawan laki-laki. Para petugas yang melayani penumpang di berbagai jenis angkutan umum, seperti pesawat udara, kereta api, dan kapal laut, adalah pramugari dan pramugara. Artinya, karir pramugari dan pramugara sebenarnya tidak terbatas pada pesawat terbang saja ya sobat cerdas.

Tugas pelayanan ini mencakup pemenuhan kebutuhan individual penumpang, seperti menyediakan minuman, makanan, obat-obatan, selimut, dan lain-lain. Namun sebagai bagian dari awak kabin, tugas pramugari dan pramugara yang terpenting adalah menjaga keamanan dan memastikan keselamatan penumpang. Dalam hal ini, tugas itu termasuk memastikan penumpang duduk, memasang sabuk pengaman, menyeleksi barang untuk bagasi, memasukkan atau menurunkan barang dari bagasi, dan lain sebagainya. Pastinya, sudah menjadi tugas pramugara dan pramugari untuk meminta penumpang mengikuti dan menaati prosedur keamanan selama dalam transportasi.

Akan tetapi, kemudian terjadi penyempitan makna. Sekarang ini kita memahami pengertian pramugari dan pramugara di pesawat terbang saja. Bekerja sebagai profesi ini membutuhkan waktu kerja yang sibuk sehingga kamu harus bersiap untuk bekerja bahkan di waktu libur sekalipun dan jauh dari keluarga. Biasanya profesi ini akan mendapatkan cuti tahunan dan di situlah kamu bisa memanfaatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Ketika mereka melihat keluar pesawat, mereka sesekali ingin menikmati hari bersama orang yang disayang di luar sana karena 70% waktunya di habiskan dalam burung besi ini

Pramugari dan pramugara memang tidak membutuhkan keahlian sebesar pilot, namun juga profesi ini memiliki pendidikan khusus yang tidak murah dan harus mampu lulus berbagai tes juga. Karena tanggung jawab yang sedemikian besar, jangan heran bila syarat menjadi pramugari pun tidak mudah ya sobat cerdas. Untuk menjadi profesi ini, kita harus lulus dari pendidikan pelatihan pramugari dan pramugara – Flight Attendant Training (FAT). Syarat-syarat untuk menjadi profesi ini seperti berpenampilan menarik dan berkepribadian baik, belum menikah, sehat jasmani dan rohani, usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran, memiliki tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional, serta pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas. Selain itu juga tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00) dan mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya. Jika sudah memenuhi kriteria ini, masih ada seleksi yang harus dijalani juga ya sobat cerdas, seperti pengukuran tinggi/berat badan dan tes penampilan, psikotest dan Bahasa Inggris, background check dan wawancara kompetensi, Penilaian Panitia Penentu Akhir serta Medical Examination.

Sama seperti pilot, profesi ini juga harus memperoleh lisensi dari Dinas Perhubungan dan Transportasi Udara. Untuk memperoleh lisensi tersebut, kita harus melalui beberapa tahapan simulasi training terbang didampingi oleh pramugari/pramugara senior serta lulus tes materi, kesehatan, dan psikologi. Sulit menentukan jam kerja profesi ini karena sifatnya yang tidak tentu. Kapanpun, setiap saat dipanggil untuk bertugas, profesi ini harus bersedia dan siap berangkat menuju bandara dalam waktu kurang dari dua jam. Beberapa maskapai bahkan mengharuskan beberapa hari dalam satu bulan untuk ready reserve. Pramugari maupun pramugara yang bertugas jaga ini harus berseragam lengkap jika sewaktu-waktu ditugaskan terbang. Karir profesi ini uga banyak dipengaruhi oleh jam terbangnya.

Bukan itu saja, bekerja di profesi ini dapat berpeluang untuk menikmati penerbangan gratis di luar jam kerja. Jeda waktu antar jadwal penerbangan juga dapat dimanfaatkan untuk jalan-jalan menikmati kota-kota yang disinggahi. Nah, sekarang sudah tidak bertanya seperti ini lagi kan ” Kalau mau jadi pramugari atau pramugara harus lulusan apa ya?” Ayo tunjuk tangan, siapa yang ingin menjadi profesi ini?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *