preloader

Saling Berbagi

Kita tidak akan pernah merasa hidup menjadi manusia jika tak pernah merasakan berbagi

Kata-kata berbagi dapat menularkan energi positif kepada diri sendiri dan orang lain. Berbagi merupakan salah satu aktivitas mulia yang berdampak besar bagi diri kita sendiri dan banyak orang. Sebagai makhluk sosial, manusia ditakdirkan untuk tidak dapat hidup sendiri. Setiap manusia pasti membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Maka dari itu, sikap tolong menolong dan berbagi harus dipupuk sejak dini. Mulai terapkan hal tersebut untuk dapat menjadi kebiasaan baik yang rutin dilakukan.

Salah satunya memulai dari hal yang paling kecil, yakni dengan membaca hingga membagikan kata-kata berbagi kepada sesama. Itu dapat berdampak besar pula bagi yang menerima dan membaca tulisan tersebut. Lalu bisa dengan memberi kartu ucapan ataupun buah tangan kecil sebagai bentuk pemberian. Tidak hanya itu, dengan memberikan waktu kita untuk orang yang membutuhkan, juga termasuk hal dalam berbagi. Kebahagiaan, tawa, dan waktu adalah hal-hal sederhana yang dapat kita bagi dengan orang lain

Dalam berbagi tidak sepenuhnya hanya tentang materi. Terkadang kita sebagai manusia lupa akan kewajibannya untuk berbagi kepada sesama. Padahal, berbagi apapun akan mendekatkan jiwa kita kepada Tuhan dan sesama manusia. Berbagi bukan melulu soal harta pribadi. Tidak akan pernah ada sejarah menuliskan seorang manusia menyesal untuk berbagi. Setiap manusia justru akan merasakan nikmat dunia yang sesungguhnya setelah berbagi.

Jangan pernah meragukan kekuatan berbagi dan sedekah. Kamu akan paham dan tercengang akan keajaiban Tuhan yang akan diberikan-Nya kepadamu karena kebahagiaan adalah ketika kamu memanfaatkan hidupmu untuk berbagi dan menolong sesama. Berbagi kesuksesan diri sendiri bukan berarti sombong, tetapi agar memacu dan menginspirasi orang lain ya sobat cerdas. Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik dari mensyukuri apa yang telah kita dapatkan. Maka bersedekahlah maka seribu kebaikan akan datang kepadamu karena sedekah adalah amal yang tidak akan putus hingga mati.

Mungkin dengan berbagi kesedihan akan membuatnya berkurang dan berbagi kebahagiaan akan membuatnya berlipat ganda. Seperti pepatah ada yang mengatakan β€œberbagi kegembiraan adalah menambah rasa kebahagiaan dan berbagi kesedihan adalah mengurangi beban penderitaan”. Dalam hidup ini, berbagi kepada sesama memberi jiwa rasa damai. Berbagi dengan tulus tanpa pamrih memberikan perasaan sukacita. Jadi, tuluslah ketika berbagi karena nilai suatu hal tidak akan ada artinya, jika tidak ada ketulusan dalam memberi. Jangan pernah merasa malu ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah karena selalu ada kebaikan dalam berbagi, tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *