preloader

Ada Apa Dengan Bakteri Escherichia Coli? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Tahukah kamu ?!

Hmm…Apakah itu Escherichia Coli ?

Banyak orang Indonesia menganggap sering minum es bisa menyebabkan batuk. Pandangan tersebut salah satunya kerap dilontarkan oleh para orangtua ketika sedang memperingatkan anak mereka karena sudah terlalu banyak minum es. Padahal, menurut dr. Tirta, statement itu kurang benar. Dia menyebut tidak ada korelasi langsung antara minum es dengan batuk.

Radang tenggorokan itu terjadi karena ada infeksi peradangan. Itu terjadi karena reaksi alergi, infeksi bakteri, virus maupun jamur. Kalau kamu pada saat makan makanan yang mengandung mecin, kemudian sakit tenggorokan, itu tandanya makanannya yang kotor, bukan dari mecinnya. Mecin, gula dan garam itu statusnya sama y sobat cerdas. Misalnya lagi ketika kita minum dingin atau es, lalu tenggorokan sakit, itu berarti airnya yang mentah atau cara membuat minumannya yang kotor. Juga ketika kamu selesai makan bakso lalu tenggorokan sakit, nah itu bukan karena mecinnya tetapi adanya bakteri di dalam bakso tersebut.

Bakteri Escherichia Coli merupakan bakteri yang biasanya hidup dalam usus manusia maupun hewan. Sebagian besar jenis bakteri ini tidak berbahaya dan merupakan bagian penting dari saluran pencernaan manusia yang sehat. Bakteri ini berfungsi menghasilkan vitamin K dan menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus. Namun, beberapa jenis bakteri ini juga dapat menyebabkan penyakit infeksi, seperti infeksi pada kantung empedu, saluran kemih, selaput otak, paru-paru, dan saluran pencernaan. Infeksi bakteri ini yang dapat terjadi akibat air atau makanan yang terkontaminasi, terutama sayuran dan daging yang dimasak tidak matang.

Ketika orang dewasa yang sehat terkontaminasi bakteri ini, biasanya akan pulih dalam kurun waktu seminggu. Namun, pada anak-anak dan lansia, ibu hamil, serta orang dengan sistem imun yang rendah memiliki risiko yang lebih tinggi dalam mengalami gagal ginjal yang dapat mengancam nyawa.

 Tidak semua orang dengan mudah terkena penyakit. Hal itu sangat bergantung pada ketahanan tubuh masing-masing juga ya sobat cerdas. Terkait pencegahan, kamu bisa senantiasa menggunakan masker ketika berada di tempat yang dinilai rawan terhadap penularan virus penyebab batuk dan konsumsi makan makanan yang bergizi, serta rajin berolahraga dan istirahat yang cukup demi meningkatkan ketahanan tubuh.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *