preloader

Matematika Jangan Dijadikan Lawan, Mari Kita Berkawan

Banyak jalan menuju Roma…

Pelajaran matematika adalah pelajaran yang seru dan menantang. Namun, masih banyak siswa-siswi yang tidak suka berhitung. Alasan yang melatar belakanginya adalah karena pelajaran matematika dianggap terlalu sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan. Padahal pelajaran matematika memiliki banyak manfaat dan dapat diterapkan langsung ke dalam kehidupan sehari-hari loh sobat cerdas.

Metode mengajar matematika yang menarik sepertinya masih menjadi tugas kewajiban besar bagi para guru ahli matematika. Dalam banyak survey tentang pelajaran yang tidak disukai, pelajaran matematika selalu masuk dalam peringkat 5 besar. Guru-guru ahli matematika perlu mengetahui alasan mengapa siswa tidak menyukai hitung-hitungan agar dapat menentukan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan dan menjadi prioritas untuk segera diselesaikan. Manfaat mempelajari matematika diantaranya adalah mengasah kemampuan pemecahan masalah dan mengasah otak. Jangan biarkan kamu menyesal kelak karena tidak mempelajari pelajaran matematika dengan baik.

Beberapa cara mengatasi kamu yang tidak suka hitungan terutama dalam pelajaran matematika yaitu pertama, ubah perspektif tentang pelajaran matematika. Yakinkan diri kamu bahwa pelajaran matematika bukan pelajaran sulit melainkan matematika itu mudah dan menyenangkan. Banyak kesempatan terbuka jika kamu memiliki kemampuan berhitung dan itu dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Kedua, guru ahli matematika juga berperan penting dengan cara mengajar matematika agar siswa cepat mengerti tidak harus dengan suasana tegang dan hanya menghafal rumus-rumus saja. Belajar berhitung yang sederhana dan tidak terlalu rumit akan membuat siswa lebih menyukai pelajaran matematika. Mengatasi ketakutan anak pada pelajaran matematika juga dapat guru ahli lakukan dengan menyelipkan humor yang menyegarkan suasana supaya tidak terlalu tegang. Ketiga, menggunakan media belajar yang menarik. Terkadang siswa sulit berhitung karena yang dilakukan bersifat abstrak. Untuk memudahkan menghitung dan mengerjakan soal matematika, guru ahli matematika dapat menggunakan alat bantu atau media belajar yang berfungsi mengkonkritkan materi yang sedang dipelajari. Guru ahli matematika dapat menggunakan benda nyata sebagai media seperti sempoa, gambar-gambar, miniatur bangun ruang, atau bahkan bisa juga dibuat puzzle atau games interaktif berbasis digital. Membuat permainan-permainan yang dapat dilakukan di kelas secara kelompok atau individual juga dapat digunakan sebagai media mengajarkan konsep belajar matematika. Keempat, menggunakan cara trik cepat dalam menghitung matematika. Cara cepat belajar matematika paling diburu siswa terutama saat masa ujian tiba. Tidak ada salahnya siswa mencari metode cara cepat dan guru ahli matematika mengajarkan cara cepat atau terobosan-terobosan dalam memecahkan masalah pada soal matematika. Kelima, pelajaran matematika selalu dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya saat belajar penjumlahan dan pengurangan, kamu dapat menggunakan kegiatan jual-beli atau konsep pecahan dengan analogi pizza, jam dinding ataupun menggunakan jari.

 Konsep dasar matematika harus kamu kuasai, jangan hanya asal menghafal rumus saja ya sobat cerdas. Jangan bosan untuk membuka mata dan telinga lebar-lebar, baca buku, diskusi, atau mencari di internet. Intinya, kamu dan guru ahli pengajar matematika harus aktif mencari informasi, terbuka pada hal-hal baru, dan selalu semangat dalam belajar. Dengan demikian, akan meningkatkan motivasi dalam mempelajari matematika. Tetap semangat belajar dan tingkatkan kreativitas ya sobat cerdas! 😊

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *