preloader

Beberapa Kampus di Indonesia yang Membuka Peluang Double Degree

Sobat Cerdas, tahukah kamu apa itu yang dimaksud dengan ‘Double Degree’? Double Degree adalah sebuah program perkuliahan dimana mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menyandang dua gelar sekaligus dalam satu waktu (periode akademik).

Hah caranya bagaimana tuh? Jadi, universitas yang menyediakan program Double Degree ini biasanya bekerjasama dengan kampus internasional atau luar negeri. Nantinya, mahasiswa akan menjalani dua tahun perkuliahan di Indonesia, kemudian melanjutkan dua tahun perkuliahan selanjutnya di luar negeri. Program perkuliahan ini cocok untuk kamu yang ingin mengejar prestasi dan pengalaman sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat, atau untuk kamu yang bercita-cita kuliah di luar negeri tapi tidak mau menghabiskan banyak waktu, atau bahkan untuk kamu yang ingin membuka peluang karir seluas-luasnya setelah lulus nanti hingga ke kancah internasional.

Sekilas, program ini hampir sama seperti pertukaran pelajar, bedanya di sini kamu akan mendapatkan dua gelar sekaligus setelah lulus di belakang nama kamu. Misalnya saja S.Si., B.Sc atau singkatan dari Sarjana Sains dan Bachelor of Science. Wuih keren ya?

Pasti sulit ya? Setiap hal pasti memiliki kesulitan dan rintangannya tersendiri, tapi bukan tidak mungkin jika kesempatan itu terbuka kok, Sobat Cerdas! Pasalnya, di Indonesia sudah ada beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang menyediakan program perkuliahan Double Degree. Kampus mana saja kah?

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gajah Mada (UGM)
  3. Universitas Airlangga (Unair)
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  6. Universitas Brawijaya (UB)
  7. Universitas Islam Indonesia (UII)
  8. Universitas Pelita Harapan (UPH)
  9. Universitas Bina Nusantasa (BINUS)

Bagaimana Sobat Cerdas, apakah kamu tertarik? Apa pun pilihan kamu, pastikan kamu tahu apa yang kamu mau dan membulatkan tekad untuk menyelesaikan pendidikanmu dengan baik, ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *