preloader

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Sobat cerdas, apa yang kamu ketahui tentang profesi guru? Guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik. Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tetapi juga pedidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya.

Dalam arti khusus, pengertian guru beraneka ragam. Dalam ajaran agama Hindu, guru merupakan simbol bagi suatu tempat suci yang berisi ilmu (vidya) dan juga pembagi ilmu. Seorang guru adalah pemandu spiritual atau kejiwaan murid-muridnya. Dalam ajaran agama Buddha, guru adalah orang yang memandu muridnya dalam jalan menuju kebenaran. Murid seorang guru memandang gurunya sebagai jelmaan Buddha atau Bodhisattva. Di India, Tiongkok, Mesir, dan Israel menerima pengajaran dari guru yang merupakan seorang imam atau nabi. Oleh sebab itu, seorang guru sangat dihormati dan terkenal di masyarakat serta menganggap guru sebagai pembimbing untuk mendapat keselamatan dan dihormati bahkan lebih dari orang tua mereka.

Kita dapat memahami bahwa peran guru sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya. Pahlawan didefinisikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, sedangkan pahlawan tanpa tanda jasa yang disematkan pada guru dapat diartikan sebagai orang yang berani dan rela berkorban tanpa memikirkan timbal balik. Dalam hal ini, guru senantiasa mengajarkan ilmu kepada murid-murid tercintanya dengan hati yang tulus. Selain itu, guru mendedikasikan hidupnya untuk membebaskan generasi penerus bangsa dari kebodohan. Guru juga tidak pernah kenal lelah dalam menuntun, mengajar dan mendidik murid-murid tercintanya agar memahami ilmu yang sebelumnya tidak diketahui.

Sebenarnya ada banyak sekali peran seorang guru dalam dunia pendidikan. Guru bisa sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, motivator, teladan, administrator, evaluator, inspirator dan sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator berperan dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran hendaknya guru harus memiliki bahan referensi yang lebih banyak dibandingkan dengan siswa dan guru perlu melakukan pemetaan tentang materi pelajaran.

Ada beberapa kriteria yang menjadi standar yang harus dipenuhi sehingga suatu pekerjaan dapat dikatakan sebagai profesi diantara lain harus mendapat pengakuan dari pemerintah dan masyarakat, adanya kode etik, mempunyai organisasi profesi yang menaungi, serta profesi harus diambil sebagai pemenuhan panggilan hidup.

Melihat tugas dan peran guru yang begitu kompleks dengan tugas yang sangat berat yaitu untuk menjadikan anak-anak bangsa menjadi seorang yang memiliki kecerdasan IQ, EQ, dan SQ sehingga bisa menjadi manusia seutuhnya. Sebuah proses panjang yang tidak bisa langsung dinikmati dengan sekejap mata. Untuk menunjang keberhasilan pencapaian tugas yang berat ini, maka perlu bagi semua pihak agar mau berbenah serta mendukung. Oleh karena itu, guru merupakan pilar pendidikan yang berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Tidak hanya dari segi guru juga, melainkan semua pihak juga harus ikut berbenah agar dapat menunjang keberhasilan pendidikan Indonesia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *