preloader

Cara Menghitung Umur Hewan Peliharaan. Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Tahukah kamu ?!

Hmm…Bagaimana cara menghitung umur hewan peliharaan?

Bagi pemilik hewan peliharaan, mencari tahu fakta menarik tentang pets adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Semakin banyak hal tentang pets yang kita tahu, bisa membuat kita semakin merasa beruntung memilikinya. Hewan peliharaan yang lazim dipelihara di rumah contohnya kucing, anjing, kelinci, burung, ikan hias, hamster, dan lain sebagainya. Namun ada juga jenis hewan unggas maupun reptil yang dipelihara di rumah seperti bebek, ayam, angsa, kura-kura, iguana dan ular.

Bagi manusia, 6 bulan pertama kehidupan manusia masih tidak bisa lepas oleh perawatan total dari orang tua. Adik bayi yang berusia kurang dari 6 bulan masih membutuhkan ASI dari ibu, belum bisa berjalan, masih perlu digendong. Namun berbeda dengan hewan peliharaan kucing dan anjing. Ketika berusia 2 sampai 3 bulan justru sudah bisa mandiri, serta sudah waktunya mengenal lingkungan. Bahkan yang berusia kurang dari 6 bulan mulai suka mengunyah hal di sekitarnya, berlarian, dan ingin tahu banyak hall oh sobat cerdas.

Sobat cerdas, apakah kamu sudah tahu cara menghitung umur hewan peliharaan kamu? Ternyata kucing berusia 6 bulan setara dengan 10 tahun usia manusia, teman-teman. Jadi, ketika kucing sudah menginjak usia setengah tahun kehidupan, mereka sudah disebut anak-anak, bukan bayi lagi. Pada saat kucing sudah menginjak usia 1 tahun, mereka sudah bisa dianggap dewasa. Dilansir dari The Spruce Pets, usia 1 tahun kucing setara 15 tahun pada manusia.

Berbeda lagi halnya dengan penghitungan umur anjing, Menentukan usia anjing tidak dapat disamakan pada tiap jenis anjing. Apalagi jika kamu memiliki anjing ras kecil dengan anjing ras besar secara bersamaan. Anjing ras kecil memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan dengan anjing ras besar. Anjing dengan ras besar akan menua lebih cepat dibandingkan anjing ras kecil.Anjing dengan berat badan 0–20 kilogram masuk ke dalam anjing kecil, 21–50 kilogram masuk ke dalam anjing sedang, 51–90 kilogram masuk ke dalam anjing besar, dan 90 kilogram ke atas masuk ke dalam ukuran sangat besar. Keduanya memiliki cara penghitungan yang berbeda dalam menentukan usia anjing. Namun sebagai pedoman umum, American Veterinary Medical Association merangkum beberapa metode, seperti: Tahun pertama pada kehidupan anjing sama dengan 15 tahun umur manusia. Ketika anjing berumur 2 tahun, umurnya akan bertambah lagi 9 tahun manusia.

Contoh: saat anjing berusia 2 tahun: (15) + (9) = 24, maka ketika anjing berumur 2 tahun, umurnya sama dengan 24 tahun umur manusia. Setelah umur 2 tahun, setiap penambahan usia anjing dikalikan dengan 5 tahun umur manusia.

Contoh menghitung usia anjing 7 tahun: 1 tahun umur anjing = 15 tahun umur manusia. Ditambahkan 9 usia manusia saat anjing menginjak usia 2 tahun, lalu penambahan 4 tahun berarti 4 x 5 = 20 tahun maka umur anjing 15 + 9 + (4×5) = 44 tahun umur manusia.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan usia hewan peliharaan kesayangan kamu. Jangan lupa untuk selalu lakukan pemeriksaan rutin agar kondisi kesehatan pets kamu tetap terjaga dengan baik di usianya yang semakin menua.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *