preloader

Ada Apa Dengan Warna Hijau? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Tahukah kamu ?!

Hmm…Mengapa para dokter dan perawat mengenakan pakaian hijau atau biru ketika sedang melakukan tindakan operasi ya?

Pernahkah sobat cerdas melihat warna pakaian para medis? Ada warna putih, ada juga warna hijau atau biru. Warna putih biasanya dipakai oleh para medis ketika mereka sedang bertugas yang melambangkan kesucian karena tugas tersebut sangatlah mulia, sedangkan warna hijau atau biru cocok dalam membantu para medis melihat lebih baik di ruang operasi karena merupakan kebalikan dari warna merah pada roda warna seperti gambar di bawah ini.

Biasanya pakaian hijau atau biru ini dikenakan saat operasi. Pakaian warna hijau atau biru tidak hanya dikenakan oleh dokter saja saat operasi ya, tetapi juga oleh perawat. Mengenakan pakaian berwarna hijau atau biru membuat para medis tetap fokus. Saat operasi berlangsung, para medis akan banyak membedah bagian tubuh. Ini menyebabkan para medis (dokter maupun perawat) melihat banyak darah yang berwarna merah. Ketika mereka terlalu banyak melihat warna merah, mereka akan mengalami halusinasi warna saat melihat warna putih. Penglihatan mereka akan jadi berbayang warna hijau. Jika sudah begitu, fokus para medis pun dapat terganggu. Itu sebabnya dokter maupun perawat menggunakan pakaian berwarna hijau atau biru saat melakukan tindakan operasi agar tidak berbayang.

Warna putih memiliki semua spektrum warna termasuk hijau dan merah. Jika terlalu lama melihat warna merah, maka dapat membuat para medis menjadi kurang peka terhadap warna merah serta membuat penglihatan menjadi kurang jelas. Kejadian seperti ini dapat membuat para medis menjadi gagal dalam melakukan operasi karena tidak bisa melihat organ tubuh pasien dengan jelas. Warna hijau dan biru juga bisa menetralkan warna merah. Itu karena kedua warna ini merupakan lawan dari warna merah dalam roda warna seperti gambar di atas. Warna merah bersebarangan dengan warna hijau dan biru di roda warna.

Selain untuk membuat penglihatan para medis lebih terfokus, warna hijau atau biru juga dapat menyegarkan penglihatan para medis ketika terlalu lama melihat warna darah. Karena itu, pada abad ke-20 dibuatlah aturan penggunaan warna hijau atau biru pada seragam dokter dan perawat saat operasi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *