preloader

Profesi Perawat

Bukan tugas kami untuk memberi kepastian, tetapi tugas kami adalah memastikan bahwa semangat dan harapan itu akan selalu ada.

Sobat cerdas, apa yang kamu ketahui tentang profesi perawat? Perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu dan melindungi seseorang karena sakit, injury dan penuaan. Sebuah bangunan tidak dapat berdiri kokoh tanpa adanya fondasi. Begitu pula rumah sakit tidak akan berdiri kuat tanpa perawat yang hebat.

Salah satu aspek terpenting dalam pembangunan kesehatan di Indonesia adalah ketersediaan sumber daya tenaga kesehatan yang baik. Perawat profesional sebagai tenaga kesehatan merupakan aspek penting dalam pembangunan kesehatan. Sama seperti dokter, perawat juga memiliki pendidikan spesialis. Setidaknya ada 5 jenis pendidikan spesialis keperawatan antara lain  keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas, keperawatan maternitas dan keperawatan medikal bedah.

Pada tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional bertepatan dengan tanggal kelahiran seorang perawat modern, yakni Florence Nightingale yakni tanggal 12 Mei 1820. Florence Nightingale menjadi pelopor perawat di dunia modern dan dijuluki bidadari berlampu. Sejak usia muda, Florence sangat aktif dalam kegiatan kemanusiaan yang melayani orang sakit dan miskin di daerahnya dan di umur 16 tahun, ia menyadari bahwa menjadi perawat merupakan panggilan dari Tuhan. Peringatan ini bertujuan untuk memperlihatkan betapa penting peran perawat dalam kesehatan umat manusia.

            Masih banyak dari kita yang pada umumnya hanya tahu bahwa perawat hanya melekat pada wanita. Padahal, sifat welas asih dan peduli sebenarnya ada pada semua gender ya sobat cerdas. Bahkan di Indonesia, persentase perawat laki-laki mencapai 20% lebih ketika negara-negara tetangga hanya berada pada angka 10%-an. Sebagai seorang perawat pasti dibekali kesiapan untuk memahami pasien. Tak hanya mengandalkan keterampilan tangan seperti memasang infus atau merawat luka dengan baik, tetapi perawat juga harus mampu mengolah emosinya sendiri karena harus siap menerima keluh kesah pasien ketika dirinya pribadi sedang menghadapi masalah. Penting bagi perawat untuk memiliki soft skills dalam bekerja, dengan bersikap sabar, telaten, peduli, peka, dapat berkomunikasi dengan baik, bahkan dapat membesarkan hati pasien.

Perawat adalah profesi yang selalu dibutuhkan. Menjadi perawat tidak hanya dapat menolong diri sendiri, namun juga bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Di situlah value suatu pekerjaan menjadi penting. Dengan belajar ilmu keperawatan berarti kita belajar tentang diri sendiri dan orang lain. Perawat itu pekerjaan yang mulia karena menyelamatkan satu nyawa seperti menyelamatkan banyak orang.

Semoga lewat artikel ini,sobat cerdas mendapat gambaran dan dapat memilih kuliah di jurusan yang sesuai minat dan menjalani profesi yang bernilai. Penting untuk mengerti potensi diri sedini mungkin agar merasa yakin dengan apa yang ingin dicapai di masa datang. Bersama guru ahli temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu.  Persiapkanlah masa depan dengan sungguh-sungguh dan teruslah belajar.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *