preloader

Siap Dengan Perubahan ?

Jika kita tidak berubah, kita tidak tumbuh. Jika kita tidak tumbuh, kita tidak benar-benar hidup.

Proses bertumbuh tidak selamanya terlihat indah dan mudah. Ada banyak situasi dimana kamu akan mempertanyakan diri, apalagi saat mencari jalan agar bisa hidup untuk diri sendiri. Saat kamu memilih untuk tumbuh, mungkin yang akan terjadi pada kamu adalah kamu akan lebih mandiri, hubungan antar keluarga, teman bisa lebih menguat atau menjauh, bingung menentukan benar dan salah, belajar menerima perubahan yang baru, perasaan dan pikiran tidak selaras.

Langkah pertama untuk perubahan adalah self awareness atas keburukan dan kebaikanmu, kekuatan dan kelemahanmu. Satu-satunya hal yang pasti terjadi dalam kehidupan di dunia ini adalah perubahan. Sebagai manusia, terkadang kita berharap tidak ada yang berubah dalam hidup kita. Apalagi jika selama ini kamu hidup dalam kondisi nyaman, serba berkecukupan, terkenal, dihormati banyak orang, menduduki jabatan bergengsi, selalu dalam keadaan sehat, dan memiliki keluarga yang suportif, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Perubahan itu bisa saja membuat kehidupan kita menjadi lebih baik, namun bisa pula sebaiknya. Itulah mengapa, kita harus selalu bersiap karena perubahan bisa terjadi kapan saja. Kita tidak bisa melawannya dengan menghindarinya, hanya bisa beradaptasi dengannya. Mulailah dari hal kecil, jangan langsung loncat ke hal besar. Semisal dengan mengubah kebiasaan buruk. Sadari kalau kamu sedang melakukan perubahan itu, tanyakan pada diri sendiri untuk apa kamu melakukan perubahan itu.

Memang untuk mengerjakan sesuatu yang baru atau mengubah sesuatu yang ada dalam diri atau hidup itu menakutkan karena kita keluar dari apa yang kita sudah jalani, tetapi jika kamu sudah merasa jenuh, mulailah lakukan sesuatu yang akan membuat kamu lebih baik. Perubahan seharusnya merupakan hal yang biasa bagi setiap manusia maupun organisasi. Pada saat ini pun, perubahan berjalan dengan begitu cepat dan bertubi-tubi. Dunia telah berubah dimana aktivitas ekonomi telah memasuki ekonomi digital dan semua aktivitas dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Kita bisa melihat perkembangan platform digital yang disediakan untuk masyarakat. Teknologi telah menggeser banyak hal dalam penyelenggaran pelayanan dan kehidupan.

 Perubahan akan selalu terjadi, apakah kamu siap menghadapi dan menerimanya atau tidak. Perubahan terjadi karena adanya orang-orang inovatif yang mengeksplorasi masa depan dan membawanya di kehidupan hari ini dengan teknologi. Diperlukan sikap tanggap dan responsif atas perubahan yang sangat cepat terjadi. Perubahan sudah ada di sini, di tengah kita. Kita tidak bisa menolak atau menghindarinya begitu saja. Kita justru harus masuk ke dalamnya dan ikut bermain bersama, menjadikan setiap tantangan dan perubahan itu sebagai peluang. Terus senantiasa belajar, kreatif, gigih, dan memunculkan keunikan yang akan menciptakan nilai. Tidak menjadi hal yang penting apa yang terjadi padamu, namun yang penting adalah bagaimana kamu menyikapinya.  Tidak akan ada perubahan jika tidak ada yang berubah. Jadi, kalau kamu mau melihat perubahan, maka harus ada yang kamu ubah sobat cerdas.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *