preloader

Profesi Dokter

Kenakan jas putih dengan harga diri dan kebanggaan

Sobat cerdas, apa yang kamu ketahui tentang profesi dokter? Dokter adalah tenaga kesehatan yang menjadi kontak pertama para pasien untuk menyelesaikan semua masalah kesehatannya tanpa memandang jenis penyakit, organologi, golongan usia, dan jenis kelamin. Tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut sebagai dokter ya sobat cerdas. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus serta mempunyai gelar bidang kedokteran. Mengingat manusia harus berguna bagi orang lain, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang dokter. Sebab, dokter merupakan suatu tugas yang bersifat kemanusiaan. Tak heran banyak yang bilang jika profesi dokter merupakan profesi yang sangat mulia.

Secara umum dokter dibedakan menjadi tiga macam. Pertama, dokter umum, memeriksa segala macam penyakit secara umum. Biasanya yang berada di Puskesmas. Kedua, dokter spesialis, mempunyai keahlian dalam suatu bidang medis secara spesifik (organ, golongan, dan lain-lain). Dan ketiga, dokter gigi, mempunyai keahlian khusus dalam bidang gigi. Untuk menjadi dokter spesialis, harus melalui pendidikan selama beberapa semester tergantung dari bidang yang diambil. Profesi dokter sama dengan profesi yang lain. Namun, seorang dokter lebih dihargai dan dihormati di tengah-tengah masyarakat karena bisa membantu menyembuhkan suatu penyakit.

Dokter juga manusia yang bisa melakukan kesalahan. Dokter hanyalah manusia yang disumpah untuk melakukan yang terbaik, sesuai kemampuannya dan bukan bersumpah untuk menjadi sempurna. Pada tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Nasional bertepatan dengan ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Untuk merayakan Hari Dokter Nasional biasanya rekan-rekan dokter memperingatinya dengan mengadakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan dan kedokteran, seperti pengobatan gratis, senam sehat, konsultasi kesehatan gratis, dan berbagai jenis kegiatan lainnya.

Menjadi seorang dokter harus benar-benar mempersiapkan diri agar mampu mengemban tugas yang begitu besar dan berat, tidak peduli harus berada pada daerah terpencil. Di daerah-daerah pelosok seperti di luar pulau Jawa, misal Papua, Kalimantan, dan Sumatera, jumlah dokter masih terbilang sedikit. Bagi dokter yang sudah berkeluarga, mereka pun harus rela berpisah dengan keluarganya demi menjalankan misi kemanusiaan tersebut. Menolong satu nyawa manusia, sama halnya dengan menyelamatkan 1.000 generasi bangsa.

Jadi, jika teman-teman bercita-cita menjadi dokter, berarti teman-teman telah membantu pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat. Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk bisa melayani publik sebagai seorang dokter. Memang, untuk menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Dibutuhkan persiapan luar-dalam, terutama finansial dan harus belajar dengan sungguh-sungguh ya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *