preloader

Overthingking

No one breaks your heart more than you do

            Sobat cerdas, pernahkah kamu terlalu banyak memikirkan sesuatu sehingga itu membuat rasa khawatir yang berlebihan ? Jika ya, coba tanya ke diri sendiri. Apakah kamu sedang overthinking atau critical thinking ya ? Dua kata ini memiliki arti yang berbeda loh. Overthingking adalah ketika kamu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk memikirkan sesuatu yang berulang, sedangkan critical thinking adalah ketika kamu memfokuskan pikiran untuk mencapai suatu solusi.

            Berpikir secara luas itu baik, namun jika terlalu berlebihan atau terlalu banyak infomasi yang dipikirkan, maka itu akan membuat kamu menjadi bingung dan sulit untuk mengambil keputusan yang tepat. Memang kita perlu untuk memikirkan semuanya secara matang, tetapi kita tidak perlu sampai overthingking ya agar kita bisa lebih objektif dengan pikiran, perasaan dan situasi. Ada banyak dampak yang ditimbulkan ketika kamu overthingking. Kamu tidak bisa mengendalikan rasa kekhawatiran, menjadi tidak fokus, tidak produktif, tidak bisa menjadi diri sendiri, susah tidur, kecenderungan depresi, menghabiskan waktu dan energi, serta kamu tidak siap dalam keadaan saat ini yang sedang dijalani karena kamu masih memikirkan kejadian di masa lalu.

            Overthinker adalah orang yang cenderung memiliki sifat perfeksionis dimana orang tersebut selalu ingin sempurna dalam mengerjakan segala sesuatu. Salah satu faktor yang membuat kamu menjadi overthinking adalah keluarga. Kebiasaan dari kecil yang keluarga kamu katakan, bisa membuat kamu menjadi overthinker dan terbawa hingga kamu besar. Kamu perlu keberanian untuk menantang pikiran kamu agar kamu bisa keluar dari semua yang menambah beban kamu. Terkadang pikiran-pikiran negatif itu datang dari dalam kepala kamu sendiri. Kita suka menciptakan dan mengimajinasikan masalah yang sebenarnya tidak ada. Untuk itu, kamu harus mampu untuk mengendalikannya.

            Kalau kamu merasa bahwa kamu overthinker, pelan-pelan mulailah merubah kebiasaan buruk tersebut. Tetap berpikir positif dan tenang. Belajar untuk dapat mengendalikan diri. Buang semua pikiran-pikiran negatif dan fokus ke depan agar kamu dapat melihat lebih jelas situasi yang ada disekitarmu tanpa merasa overwhelmed dengan semua pikiran dan perasaan yang campur aduk. Kamu mampu kok untuk menciptakan kehidupan yang selalu kamu dambakan. Inilah saatnya kamu mewujudkan impian kamu dan berani untuk berkreasi. Semoga artikel ini dapat membantu ya 😊

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *