preloader

Profesi Nelayan

Para pelayan tahu bahwa laut itu berbahaya dan badai itu mengerikan, tetapi mereka tidak pernah menemukan bahaya untuk alasan bertahan di darat

Sobat cerdas, apa yang kamu ketahui tentang profesi nelayan? Nelayan adalah seseorang yang bekerja untuk menangkap ikan dan hewan sejenisnya di perairan, biasanya perairan laut dengan menggunakan jala. Jala adalah alat untuk menangkap ikan yang berupa jaring bulat. Cara menggunakannya dengan ditebarkan ke laut. Menjadi seorang nelayan juga harus memiliki keberanian yang besar, karena risiko bahaya ketika melaut dapat terjadi kapan saja.

Pekerjaan sebagai nelayan biasanya ditemukan di sekitar wilayah pantai dikarenakan sumber daya alam yang banyak tersedia di wilayah pantai berasal dari laut, sehingga banyak orang menggantungkan hidupnya di bidang ini. Indonesia merupakan negara maritim dengan wilayah perairan yang luas. Garis pantai perairan Indonesia adalah 81.000 km, terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Ini menjadikan laut Indonesia memiliki potensi yang melimpah. Namun, walaupun laut Indonesia memiliki potensi yang melimpah tetapi sebagian besar dari profesi nelayan masih berada di bawah garis kemiskinan loh. Adapun beberapa masalah yang sering dihadapi oleh nelayan Indonesia antara lain kemampuan modal yang lemah dan permainan harga jual ikan. Hal ini diperparah dengan kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pengolahan hasil tangkapan dan minimnya kebijakan pemerintah yang berpihak kepada nelayan tradisional. Tidak hanya masalah dalam negeri, para nelayan di tanah air juga harus bersaing dengan nelayan asing yang menangkap ikan secara ilegal.

Semakin majunya teknologi dan pengetahuan, para nelayan juga semakin berkembang. Oleh karena itu, profesi nelayan sudah dibedakan menjadi dua, yaitu nelayan modern dan nelayan tradisional. Nelayan tradisional adalah nelayan yang menangkap ikan dan hewan laut dengan memakai peralatan tradisional seperti jala dan perahu tanpa mesin. Keuntungannya, peralatan tradisional lebih aman untuk hewan-hewan di laut. Nelayan modern adalah nelayan yang menangkap ikan dan hewan laut dengan memakai tekonologi canggih seperti menggunakan perahu dengan mesin sehingga dapat menjangkau wilayah laut yang lebih jauh. Nelayan modern juga memanfaatkan teknologi radar untuk mendeteksi daerah yang terdapat banyak ikan dan terkadang menggunakan bom agar hasil yang ditangkap lebih banyak sehingga dapat menyebabkan ekosistem laut seperti tumbuhan dan terumbu karang rusak.

Pada tanggal 6 April diperingati sebagai hari nelayan Indonesia. Ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap para nelayan yang telah berjasa menjaga ketahanan pangan nasional. Momen ini juga dapat mengevaluasi potensi dan hal-hal yang masih perlu diperbaiki di sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Nelayan berperan penting untuk memenuhi kebutuhan protein dan gizi masyarakat Indonesia melalui hasil laut.

 Mari ucapkan terima kasih kepada para nelayan seluruh Indonesia yang telah berjasa sehingga kita bisa menikmati hasil laut Indonesia, tetap semangat berkarya dan tetap jaga laut Indonesia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *