preloader

Lautku, Lautmu, Laut Kita

Taking care of the earth, isn’t just a responsibility. It’s a privilage

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Dua pertiga wilayah Indonesia adalah laut yang menyatukan banyaknya pulau dengan banyaknya suku bangsa. Laut Indonesia menyimpan kekayaan luar biasa. Tidak hanya keberagaman biota laut dan ekosistemnya, laut dengan seperlima terumbu karang dunia di dalamnya, telah menjadi rumah bagi seperempat spesies ikan di dunia.

Sebagai negara kelautan, maka hidup kita tergantung pada kelestarian laut dan tugas kita untuk berbuat sesuatu agar laut Indonesia tetap lestari. Laut adalah tempat yang indah, misterius, tenang, bergejolak, dan menakjubkan. Banyak destinasi wisata Indonesia yang mengandalkan keindahan laut sebagai daya tarik. Keheningan, deburan ombak, dan angin sepoi-sepoi membuat suasana semakin pas bagi kamu yang menyukai ketenangan. Tentu masyarakat harus sadar akan pentingnya fungsi laut dan membuka mata akan kondisi laut Indonesia saat ini karena setiap tetes air yang kamu minum, setiap nafas yang kamu ambil, kamu tetap terhubung ke laut dimana pun di bumi kamu tinggal.

Hari Laut Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Juni. Peringatan ini sebagai tanda pada manusia untuk semakin peduli akan pentingnya peran laut dalam mendukung kehidupan manusia dan semakin sadar untuk menjaga laut dan ekosistemnya. Peringatan ini juga menjadi ajakan agar kita senantiasa berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan Laut Indonesia dengan berhenti membuang sampah sembarangan, mencegah epningkatan emisi karbondioksida di udara, tidak menangkap biota laut secara berlebihan, menjadi pengguna laut dan menggunakan produk yang bertanggungjawab secara ekologis. Kiranya Hari Laut Sedunia ini dapat menjadi pengingat bahwa bumi dimana kita tinggal, telah memberi kita anugerah yang tiada habisnya. Mengapa kita tidak membalasnya dengan merawat dan menjaganya ?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *