preloader

Jangan Terlalu Keras Terhadap Diri Sendiri

Segeralah berubah dengan lebih menghargai diri kamu sendiri

Sobat cerdas, ini penting sekali ya karena secara tidak sadar kita itu terlalu keras dengan diri kita sendiri. Sering sekali kita selalu memikirkan pendapat orang dan kita ingin memuaskan keinginan mereka. Padahal sebenarnya untuk membahagiakan mereka itu bukan tanggung jawab kamu dan bahkan itu sesuatu hal yang tidak mungkin juga.

Ini adalah hidup kamu dan kamu punya kuasa penuh atas hidup kamu. Tidak ada orang yang sempurna. Kita juga bisa melakukan sebuah kesalahan yang bisa merugikan. Namun, sering kali kita memberikan label negatif dan menyalahkan diri kita sendiri. Kita juga sering merasa bersalah, menggerutu dan menjadi rendah diri. Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri ya. Kamu harus tahu perbedaan antara mengambil tanggung jawab penuh atas diri sendiri dan menganggap rendah diri sendiri. Bertanggung jawab itu harus, tetapi tidak boleh menyalahkan apalagi melabel diri sendiri dengan hal-hal tidak baik. Karena kalau itu sering kamu lakukan, maka hal itu hanya akan membunuh motivasi kamu dan akan membuat kamu lebih pesimis juga. Hal itu akan memperburuk rasa percaya diri kamu dan bahkan dapat membuat kamu depresi.

Dalam menjalani hidup, memang sudah seharusnya kita memiliki ketegasan pada diri sendiri. Namun sayangnya, hal ini sering disalahartikan oleh banyak orang dengan  menekan diri secara berlebihan dan terus menerus. Entah itu memaksakan diri sendiri untuk bekerja tanpa istirahat atau merasa harus sempurna. Sikap keras terhadap diri sendiri itu tidak baik. Kurangnya penghargaan terhadap diri tentu akan menimbulkan perasaan tidak pantas. Ada banyak risiko yang bisa saja terjadi. Terlalu memaksakan diri untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal tidak selamanya bisa mendatangkan kebahagiaan. Ketika kita sedang bekerja dan ingin hasil yang semaksimal mungkin, lalu kita memaksakan diri kita bekerja sampai di luar batas kemampuan yang seharusnya. Maka hasil yang didapat pun malah sebaliknya, jauh dari yang kamu harapkan dan kesehatan kita pun akan terganggu baik dari segi fisik maupun mental.

Jadi, hargailah diri kamu sendiri karena kamu sungguhlah berharga. Kita adalah ciptaan Tuhan yang paling tinggi derajatnya diantara makhluk hidup lainnya. Meskipun hasil yang kamu capai masih kurang maksimal, masih banyak kekurangan, banyak kesalahan, tetapi kamu sudah melakukan yang terbaik kok, Kamu sudah berjuang semaksimal mungkin. Katakan pada diri sendiri “ Good job! Terima kasih ya kamu sudah memberikan yang terbaik dan sudah bertahan sampai di titik ini”. Kapan terakhir kali kamu berterima kasih terhadap diri kamu sendiri ? kalau sudah lama, mungkin hari ini adalah saatnya 😊

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *