preloader

Kamu mungkin menunda, namun waktu tidak …

Hidup ini penuh dengan dinamika dan tidak selamanya hidup itu menyenangkan. Sering kali kita harus melewati yang namanya kesulitan, bahkan untuk beberapa orang sepertinya masih merasa kesulitan untuk bisa bertahan. Apapun itu , kita harus sadar bahwa di balik sebuah kesulitan hidup yang kamu alami, selalu ada hal yang bisa kamu pelajari. Terkadang Tuhan selalu punya cara untuk membuat kita dewasa walaupun kadang-kadang kita tidak suka dengan caraNya.

Ada kalanya pelajaran itu datangnya terlambat, tetapi di masa sulit yang terjadi, kamu harus percaya bahwa itu akan bisa membuat kamu bertumbuh, menjadi semakin kuat, dan juga bisa menjadi bekal untuk kamu melanjutkan perjalanan kamu. Orang sering kali menggunakan istilah ‘Time is Money’ Hal itu menunjukkan betapa pentingnya waktu dalam kehidupan. Disiplin mengelola waktu akan membuatmu menjadi pribadi yang tepat dan tidak suka menunda pekerjaan.

Waktu tidak selalu ada selamanya. Ya, meskipun sobat cerdas memiliki banyak harta, bisa membeli segalanya, tetapi kamu tidak akan pernah bisa yang namanya membeli waktu. Waktu kita di dunia itu sangat terbatas dan tidak ada seorang pun yang pernah tahu kapan batas waktu kita, sampai akhirnya kita meninggalkan dunia ini. Kadang kita tidak sadar bahwa waktu itu berlalu begitu cepat. Mungkin kalau kita sungguh-sungguh, kita bisa melihat kembali pada saat kita sudah bekerja, kita sudah mengumpulkan banyak harta, begitu banyak kenangan dan pengalaman yang bisa menjadi pembelajaran berharga dalam hidup kita. Terkadang sering kali kita juga mungkin merasa bahwa ada banyak hal yang belum kita lakukan dan kita capai. Sepertinya waktu itu tidak pernah cukup untuk kita bisa melakukan banyak hal.

Hari ini kita harus sadar bahwa penting sekali untuk kita menyelaraskan dan memaksimalkan waktu yang sangat terbatas dalam hidup ini. Nah, caranya kamu harus benar-benar tahu, apa yang kamu inginkan dan fokus dengan apa yang dituju. Ketika kamu sudah melakukannya dengan kesungguhan maka apapun juga yang kamu lakukan setiap hari membuat kamu melangkah lebih maju mendekati apa yang kamu inginkan dan kalau kamu melakukan hal itu maka waktu kamu dalam hidup ini pun juga terasa lebih berarti.

Jangan buang waktu, tenaga dan pikiran untuk hal yang sia-sia. Berfokuslah pada hal yang menjadikan dirimu bernilai. Sebagai contoh jika mungkin pada saat ini kamu sedang berada dalam hubungan yang toxic atau mungkin ada hal-hal tidak baik yang membuat kamu menjadi pribadi yang sangat negatif, mungkin inilah saatnya kamu melakukan pengorbanan untuk keluar dari zona yang tidak baik itu. Waktu takkan bisa diulang. Janganlah habiskan waktumu bersama dengan orang yang hanya menyakitimu karena kamu akan menyesal di kemudian hari.

 Inilah saatnya untuk kamu bisa memperbaiki kebiasaan dan memperbaiki hubungan kamu supaya kualitas hidup kamu juga menjadi lebih baik lagi. Mungkin ini terdengar atau terlihat seperti sebuah pengorbanan. Namun, pengorbanan ini awalnya mungkin terasa menyakitkan, tetapi percayalah bahwa pengorbanan yang tidak seberapa ini akan membuat kamu menikmati dan merasakan kepuasan karena kamu sudah memaksimalkan sisa waktu hidup kamu untuk sesuatu yang sungguh berharga dalam hidup ini.

Jika kita menyia-nyiakan waktu, sama saja dengan menyia-nyiakan kesempatan mendapatkan hal baik dalam hidup. Sebagian besar, orang yang sukses dalam karier selalu menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Jangan selalu katakan ‘masih ada waktu’ atau ‘nanti saja’. Lakukan segera, gunakan waktumu dengan bijak. Jangan hanya menunggu waktu yang tepat karena itu bukanlah hal yang utama. Terkadang waktu yang salah bisa menjadi yang paling sempurna. Jangan selalu menunggu waktu yang tepat untuk melakukan hal yang baik. Waktu yang kamu gunakan untuk belajar tidak akan sia-sia. Semua akan terbayar dengan hasil yang akan kamu terima. Jika kamu menyia-nyiakan waktu, maka nanti waktulah yang menyia-nyiakan kamu. Waktu bermain-main telah usai, sekarang waktunya berpikir dewasa dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *