preloader

Keluar dari Zona Nyaman

If you take chances, you take risks

Hidup tidak akan ada artinya jika tidak ada tantangannya. Hidup yang datar-datar saja akan terasa biasa saja. Untuk mendapatkan tantangan, berarti kamu harus berani mengambil risiko. Berani untuk keluar dari zona nyaman, walaupun yang namanya risiko pasti tidak ada yang bisa menjaminkan itu, tetapi kalau kita tidak mencoba terlebih dahulu, sampai kapan pun kita tidak akan pernah tahu kan. Ketika kita selalu memikirkan hal-hal negatif yang membuat diri kita menjadi takut dalam menghadapi risiko, itu akan menghambat kita. Setiap risiko yang kamu ambil, setiap keputusan yang kamu buat, semua itu pasti akan ada hasilnya. Sama seperti ketika kita bertanding, tidak ada yang bisa menjamin untuk menang, tetapi kalau kita tidak bertanding sudah dipastikan kita sudah kalah. Ada pepatah yang mengatakan “ Lebih baik gagal setelah mencoba daripada sudah merasa gagal sebelum mencoba”

Setiap keputusan yang kamu ambil apapun itu pasti ada risikonya dan bahkan kalau kamu tidak melakukan apa apa itu juga ada risikonya loh yaitu kamu telah melewatkan peluang yang mungkin bisa kamu dapatkan. Nah, jadi seiring dengan bertambahnya usia, cobalah untuk melihat ke belakang dan mungkin itu akan membuat kamu merenungkan kembali pilihan-pilihan yang sudah kamu buat. Tanyakan di dalam hati “ Apakah hidup yang kita jalani sudah bermakna? Apakah kita sudah menjadi orang yang berguna untuk orang di sekitar kita ? Apakah kita sudah berdamai dengan keputusan yang kita buat di masa lalu?” Jangan sampai kita kecewa, menyesal bahkan putus asa atas keputusan yang telah kita buat di masa lampau. Jangan pernah bunuh mimpimu karena mimpi itu tidak akan pernah mati. Mimpi itu hanya bisa pingsan dan akan bangun kembali dalam bentuk penyesalan suatu saat nanti. Jadi jangan sampai kamu menyesal karena kamu tidak mau mencoba dan mengambil risiko. Gagal itu hal yang biasa, setidaknya kamu sudah mencoba dan berani mengambil risiko.

Kita tidak perlu heran lagi melihat pengambilan risiko menjadi fenomena global yang modern seperti yang sedang dibicarakan di dunia bisnis yaitu Elon Musk dimana dia diidolakan oleh para pengusaha di seluruh dunia saat ini karena dia berani mengambil risiko yang membuat perusahaannya meroket dari kondisinya yang hampir bangkrut pada tahun 2008 hingga menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar yaitu Tesla dan SpaceX. Kita juga perlu belajar budaya orang luar yaitu “lakukan hal besar atau mundur saja” telah menumbuhkan mentalitas yang mengatakan bahwa hanya mereka yang mau mengambil risiko besar dapat menuai hasil yang besar. Para pemimpin bisnis mengatakan bahwa mengambil risiko adalah bagian penting untuk melangkah maju di zaman sekarang. Jika kamu tidak berani mengambil risiko, bagaimana kamu bisa merasa lebih nyaman nantinya masuk ke dunia yang tidak kamu ketahui?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *