preloader

Hari Lahirnya Pancasila

Selamat Hari Lahir Pancasila! Kita Indonesia, Kita Pancasila!

Hari Lahirnya Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa. Upacara biasa dilakukan untuk meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari rumusan satu kesatuan yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno. Kesatuan jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantaralah yang membuat kita bisa bersatu membangun kesepakatan bangsa. Harus diingat bahwa bangsa Indonesia terdiri atas keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia yang dinamakan bhinneka tunggal ika.

Kita perlu belajar dari konflik sosial, radikalisme, terorisme dan perang saudara yang pernah terjadi. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan dasar pemahaman yang kuat mengenai Pancasila kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan kita. Ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi. Masalah ini semakin mencemaskan dikarenakan adanya penyalahgunaan media sosial yang banyak menyebarkan hoax (kabar bohong)

Perlunya peran aktif para ulama, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat harus terus ditingkatkan. Seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, saling bahu-membahu, toleran, adil, makmur dan bermartabat di mata internasional.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *