preloader

Satu Juta Pohon

Hari gerakan satu juta pohon diperingati setiap tanggal 10 Januari sebagai salah satu upaya penyelamatan hutan dan pelestarian lingkungan. Pentingnya peran pohon dalam berbagai aspek keberlangsungan hidup, menjadikan masyarakat harus terus menjaga dan melestarikan pohon. Tujuan peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini adalah untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, sejuk dan juga asri.

 Perlunya edukasi masyarakat perihal pentingnya keberadaan pohon dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana sesama makhluk hidup, kita harus saling menjaga karena pohon sangat vital untuk kehidupan bumi termasuk di dalamnya yaitu manusia dan hewan. Tahukah kamu mengapa pohon sangat vital untuk kehidupan bumi ? Sobat cerdas, kita pasti sering mendengar fotosintesis. Proses fotosintesis adalah suatu kejadian alamiah pada tumbuhan hijau yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik. Fenomena ini hanya terjadi pada tumbuhan yang memiliki klorofil. Klorofil adalah pigmen tumbuhan berwarna hijau yang terdapat pada kloroplas yang berfungsi untuk menyerap energi dari sinar matahari. Hewan dan manusia tidak dapat melakukan ini. Tumbuhan hijau  melakukan fotosintesis untuk mendapat zat makanan agar tumbuhan hijau bisa berkembang dan bertahan hidup dalam segala kondisi. Proses fotosintesis terjadi secara berulang pada tumbuhan hijau agar memperoleh glukosa untuk cadangan makanan serta menghasilkan oksigen dengan bantuan energi cahaya matahari. Proses fotosintesis sangat berperan penting terhadap kehidupan organisme karena menghasilkan oksigen yang diperlukan makhluk hidup untuk bernapas. Diproses inilah mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Perlunya kesadaran diri sejak dini perihal melestarikan pohon agar tidak mudah terkena dampak berbagai macam bencana. Merawat pepohonan dapat mencegah perubahan iklim yang ekstrim, mencegah erosi, mengatur tata air, menjaga habitat margasatwa, sebagai penyimpanan air bersih, melindungi dari suhu panas, menjaga keseimbangan alam, manfaat keindahan, menghasilkan oksigen dan menyerap karbon diosida.

Sobat cerdas, lewat gerakan satu juta pohon ini, marilah kita lestarikan pepohonan. Pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Beberapa jenis hewan berkurang jumlahnya dan hampir punah karena habitat mereka yang telah rusak.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *