preloader

Buah dari Kesabaran

Pernahkah kamu mendengar nasihat “ Harap bersabar, ini ujian”. Kamu pun mencoba untuk mengikuti nasihat itu dan bersabar. Namun setelah menunggu, keadaan masih tetap sama, tidak berubah. Bukannya mudah, malah semakin susah . Sampai pada akhirnya kamu berada di ambang batas kesabaran dan mulai bertanya “ Sampai kapankah saya harus terus bersabar?”

Sabar itu memang sebuah ilmu tingkat tinggi. Bukan sabar namanya kalau masih ada batasan dan masih diingat-ingat terus masalahnya. Kata sabar adalah sebuah kata yang bisa menjadi penghibur hati. Ketika setumpuk masalah menghampiri dan di saat hati gundah, kata itu bisa menjadi penenang jiwa. Sudah tahu kah sobat cerdas apa arti kata sabar ?

Kita harus memahami dulu arti dan makna dari kata sabar karena jika kita tidak mengerti arti yang sesungguhnya, itu bisa membuat kita kecewa. Sabar itu bukan diam tanpa kata, bukan menunggu saja, bukan juga pasrah dan tidak melakukan apa-apa. Kesabaran itu adalah sebuah kesediaan untuk berproses hari demi hari, saling memahami dan mencintai walau tidak sehati, dan rasa sudah tidak seperti dulu lagi. Kesabaran merupakan sebuah ketaatan. Ketaatan untuk tetap setia, tidak tergoda, tetap percaya walaupun hasil belum terlihat mata.

Sabar bukan hanya soal menanti, tetapi bagaimana kita menata hati selama menjalani. Terkadang kita resah pada kondisi tidak nyaman yang membuat kita menderita, kadang juga kita membenci kehadiran orang-orang yang menyusahkan kita, bahkan terkadang kita akan marah ketika doa yang kita panjatkan tidak kunjung ada jawabannya. Padahal semua itu hanyalah kumpulan soal ujian, dimana ketika kita mampu menjawab dan mengatasinya maka kita akan lulus dengan predikat yang memuaskan. Sabar juga berkaitan dengan rasa menikmati. Menikmati masa tanam sebelum memanen, menikmati belajar sebelum menjadi pintar, menikmati bekerja sebelum kaya raya, menikmati kesendirian sebelum bertemu pujaan hati, menikmati hujan sebelum melihat pelangi, dan masih banyak lagi kenikmatan yang kita peroleh dari sebuah kesabaran.

Keputusan kamu untuk bersabar akan selalu berbuah manis. Kesabaran menjadi kunci dari apa yang mau kamu gapai. Dengan bersabar kamu dapat melatih dan mengontrol diri. Orang yang mau bersabar cenderung bisa menahan dirinya dengan baik. Semuanya dilakukan dengan sepenuh hati dan mau menunggu sesuatu yang belum saatnya untuk tiba. Kesabaran menjadi jawaban terbaik daripada mengambil jalan pintas yang bisa mengakibatkan efek yang sangat buruk.

Jadi, untuk kamu yang sekarang masih menanti sebuah jawaban, yang sedang berusaha keras untuk mendapatkan pekerjaan, yang sedang memperbaiki sebuah hubungan, yang sedang berjuang mencari keadilan dan yang sedang bertahan di tengah kesulitan, tetap sabar ya! Yakinlah apa yang kamu doakan sedang Tuhan kerjakan. Bersabar itu memang sulit tetapi  hasilnya pasti indah.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *