preloader

Seribu Lebih Penolakan

Siapa yang tidak mengenal Kentucky Fried Chicken alias KFC? Ayam goreng KFC sangat dikenal oleh banyak orang di dunia. Dikutip dari Biography, Sanders lahir di Henryville, Indiana, 9 September 1890. Ia memiliki nama asli Harland David Sanders, sang pendiri KFC memiliki perjalanan inspiratif menuju kesuksesannya. Setiap harinya, ayam goreng resep Sanders bisa dinikmati lebih dari satu miliar di seluruh dunia. Namun siapa sangka, dibalik kesuksesannya tersebut, dia sempat berprofesi sebagai kuli hingga tukang parkir.

Saat berusia 16 tahun, Sanders mendaftar menjadi tentara. Setahun setelahnya, ia bekerja di stasiun sebagai kuli. Karena terlibat perkelahian, Sanders kemudian dipecat. Sanders beberapa kali mengalami kegagalan saat bekerja. Sanders mencoba banyak pekerjaan sepanjang hidupnya. Sanders pernah juga menjadi agen asuransi hingga menjual ban.  Pada saat bekerja sebagai kuli, Sanders hanya mendapat upah tidak lebih dari enam belas sen.

Harland Sanders adalah seorang penggemar ayam goreng. Pada tahun 1939, ia menemukan cara jitu untuk menggoreng ayam menggunakan panci presto. Suatu hari, seorang penjual asongan berkata bahwa di kota ini tidak ada rumah makan yang bagus, sehingga siapa pun bisa makan di dalamnya dengan nyaman. Harland Sanders mengiyakan pendapat itu dan dalam benaknya bergejolak keinginan untuk mendirikan sebuah rumah makan. Tidak satu pun orang yang tahu kalau komentar pedagang asongan tersebut akan menjadi satu titik dalam kehidupan Harland Sanders yang kemudian akan mengubah nasibnya. Rumah makan tersebut melahirkan sebuah gebrakan dalam menyajikan menu makanan tercepat. Ia memulai dari sebuah ruangan kecil, yaitu sebuah gudang di belakang stand pelayanan mobilnya. Ia telah mengubahnya menjadi sebuah rumah makan kecil yang menjual ayam goreng. Rumah makan Harland Sanders begitu terkenal. Untuk membuka rumah makan, ia tidak merasa kesulitan, yaitu hanya dengan menutup pom bensinnya dan mengubahnya menjadi sebuah rumah makan yang ia beri nama “Café Sanders”.

Selang beberapa tahun, tata letak kota Kentucky mengalami perubahan, sehingga rumah makannya tidak lagi strategis dan menarik pengunjung. Inilah yang menjadi sebab kenapa dia terpaksa menjualnya melalui pelelangan terbuka. Selama dua tahun berkeliling menawarkan resepnya ada lebih dari 1000 penolakan yang ia terima. Tanpa kenal menyerah dan yakin akan berhasil, ia terus berusaha walau resep ayam yang ia tawarkan lebih banyak ditolak dan ditertawakan.

Akhirnya resep ayam goreng yang dikenal dengan ‘Sebelas bumbu rahasia KFC.’ Yang dimana sampai sekarang resep tersebut tidak diketahui kecuali segelintir orang yang tidak melebihi jumlah jari satu tangan itu banyak di sukai oleh masyarakat Amerika ketika itu. Perjuangannya yang tak mengenal lelah terbayar dengan lakunya resep ayam gorengnya. Hingga ketika usia Harland Sanders menginjak usia tujuh puluh tahun, jumlah rumah makan yang menjadi bagian dari franchise KFC-nya mencapai dua ratus tempat, di USA dan Kanada. Harland Sanders meninggal pada tahun 1980 dan dimakamkan di Louisville. Pada tahun 1982, bisnis waralaba KFC menjadi bagian dari anak perusahaan Reynolds dan pada tahun 1986, KFC dibeli oleh perusahaan Pepsi Cola dengan harga delapan ratus empat puluh juta dolar.Pada tahun 1995, jumlah rumah makan tersebut mencapai sembilan ribu. Pegawainya mencapai tujuh ratus lima puluh ribu orang di sembilan puluh dua negara sedunia pada tahun 2005.

Tak ada kata terlambat untuk terus belajar dan berusaha walaupun di usia sangat tua. Itulah yang dibuktikan oleh Harland Sanders. Kisah inspiratif jatuh bangun dalam berusaha dari pendiri KFC ini dapat menjadi contoh teladan untuk generasi muda

Sumber cerita: biografiku.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *