preloader

Berbagai Tipe Soal TPS SBMPTN Kategori Kemampuan Kuantitatif

Kuantitatif, berdasarkan pengertiaannya, merupakan segala sesuatu yang bersifat jumlah atau banyak. Lawan kuantitatif adalah kualitatif yang merupakan penilaian dari segi mutu (yang tidak bisa dihitung). Nah jika soal-soal “kualitatif” yang mengacu kepada pemahaman di luar hitungan itu sudah kita bahas, saatnya kita membahas tipe-tipe soal kuantitatis dari TPS di SBMPTN 2022 nanti.

Secara sederhananya, Kemampuan Kuantitatif adalah kemampuan berhitung atau logika berhitung dalam matematika. Berikut ini adalah tipe-tipe soal kuantitatif yang harus kamu pelajari berdasarkan sumber:

  1. Fungsi dan invers fungsi (16 soal)
  2. Statistika (11 soal)
  3. Pertidaksamaan (9 soal)
  4. Deret dan baris (9 soal)
  5. Persamaan kuadrat (8 soal)
  6. Matriks (8 soal)
  7. Bangun datar (7 soal)
  8. Aljabar (6 soal)
  9. Logaritma (6 soal)
  10. Persamaan garis (4 soal)
  11. Aritmatika sosial (4 soal)
  12. Kaidah pencacahan (4 soal)
  13. Peluang (4 soal)
  14. Pola bilangan (3 soal)
  15. Grafik fungsi (3 soal)
  16. Kesejajaran garis & sudut (3 soal)

Pastikan kamu mempelajari dan berlatih tipe-tipe soal di atas ya. Semakin banyak jumlah soal yang tertera, semakin besar kemungkinan soal tersebut akan keluar jika kita mengacu pada soal-soal SBMPTN sebelumnya. Jika kamu bukan tipe orang yang mahir belajar sendiri, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel online) seperti Guru Ahli yang penuh dengan tenaga pengajar ahli untuk membantumu belajar dengan baik demi mempersiapkan SBMPTN nanti! 🙂

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *