preloader

Cara Biar Kamu Gak Nervous Saat Mengikuti SBMPTN

Hai Sobat Cerdas, waktu pelaksanaan SBMPTN semakin dekat nih. Tidak bisa dipungkiri jika kamu merasakan ketegangan atau nervous, meski hanya sedikit. Dalam artikel kali ini, Guru Ahli mau membahas beberapa tips agar kamu tidak tegang lagi.

  1. Mempersiapkan Diri dengan Matang
    Cara terbaik untuk tidak tegang adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Karena hanya ketika kamu siap lah, kamu baru bisa mengerjakan soal-soal dengan baik. Oleh karena itu, jangan buang waktu yang bisa kamu gunakan untuk belajar dan berlatih yaaa. Banyak latihan soal dan pahami betul tipe-tipe soal SBMPTN akan banyak membantu kamu untuk lebih percaya diri dan membuka kesempatan lulus yang lebih besar.
  2. Jangan Lupa Istirahat
    Mempersiapkan diri tidak melulu soal memporsir tenaga kamu untuk belajar ya, Sobat Cerdas. Pastikan kamu juga mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat agar kamu tidak sakit dan bisa mengerjakan soal SBMPTN dengan kondisi fit.
  3. Kosongkan Hari Sebelum Ujian untuk Menenangkan Diri
    Setelah sibuk belajar selama beberapa waktu ke belakang, jangan lupa untuk menenangkan diri sehari sebelum hari-H. Hal ini berguna agar kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi SBMPTN keesokan harinya lho. Gunakan waktu ini untuk beristirahat dan melakukan hal yang bisa membuat pikiranmu relaks.
  4. Siapkan Semua Peralatan Ujian dengan Baik
    Beberapa hari sebelum ujian, pastikan juga kamu sudah menyiapkan perlengkapan penunjang ujian nanti dengan baik. Jangan lupa untuk menyetel alarm agar kamu bisa bangun tepat waktu.
  5. Banyak Berdoa
    Yang paling penting dari semuanya adalah berdoa agar kamu lulus. Kamu juga bisa meminta doa dari orangtuamu dan orang-orang yang penting bagimu agar lebih semangat dan lebih lancar saat mengerjakan soal nanti.
  6. Yakin dengan Diri Sendiri
    Jika sudah mengerahkan segala usaha, dari belajar hingga berdoa, kini saatnya kamu yakin pada dirimu sendiri. Kamu sudah melakukan yang terbaik dan kamu harus bangga dengan usahamu, apapun hasilnya nanti. Semangat ya, Sobat Cerdas!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *