preloader

Cara Mendapatkan Beasiswa Pendidikan Ke Luar Negeri

Pendidikan sering kali mendapatkan kendala dari segi biaya, tidak terkecuali untuk pendidikan ke luar negeri. Bukan hanya dari biaya pendidikan yang mahal, tapi juga biaya perjalanan dan biaya hidup di sana yang membuat kendalanya berkali-kali lipat lebih sulit dibandingkan dengan pendidikan di dalam negeri. Meskipun demikian, bukan berarti menuntut pendidikan di luar negeri menjadi suatu hal yang tidak mungkin karena seperti pepatah bilang: “Banyak Jalan Menuju Roma” kok, Sobat Cerdas!

Sobat Cerdas yang bermimpi untuk belajar di luar negeri tapi terkendala dengan biaya bisa banget mencoba melamar beasiswa, entah itu beasiswa dari pemerintah maupun swasta. Di zaman sekarang ini ada banyak sekali beasiswa yang tersedia, dari pemerintah sendiri ada yang namanya beasiswa LPDP, selain itu Sobat Cerdas juga bisa mencoba beasiswa dari pemerintah luar yang juga kerap memberikan peluang bagi mahasiswa asing untuk menuntut ilmu di negaranya. Berbagai program beasiswa mandiri juga turut disediakan di beberapa kampus-kampus unggulan, atau institusi tertentu sehingga peluang yang tersedia bisa terbuka lebih lebar. Nah, buat Sobat Cerdas yang masih bingung cara mendapatkan beasiswa, kita simak tips di bawah terlebih dahulu yuk!

  1. Mencari Informasi Beasiswa Luar Negeri
    Hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mencari informasi, bisa dari website resmi pemerintah, website resmi kampus tujuan kamu, atau bahkan melalui website pendidikan dan berbagai lembaga atau instansi yang memfasilitasi metode pertukaran pelajar ke luar negeri. Kamu juga bisa melakukan browsing di Google hingga media sosial seperti Twitter atau Instagram untuk mencari informasi beasiswa yang tersedia lho! Setelah mencari informasi, jangan lupa untuk mencatat atau menyimak dengan baik hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan ya!
  2. Menyiapkan Berkas & Melakukan Pendaftaran
    Biasanya hal yang pertama kali harus kamu persiapkan agar lolos seleksi adalah berkas dokumen. Kamu akan diminta untuk mengumpulkan berkas yang berisikan data pribadi, ijazah dan transkip nilai, hingga dokumen-dokumen lainnya yang mendukung seperti paspor maupun Visa. Jadi jangan lupa untuk membuat paspor dan visa dulu ya! Kamu pun akan diminta untuk menyiapkan Motivation Letter atau essay yang berisikan motivasi kamu untuk belajar ke luar negeri, kamu harus menuliskannya dengan penuh perhatian dan sepenuh hati karena hal ini merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk meluluskan. Tidak lupa juga surat rekomendasi dari guru atau dosen kamu di tempat kamu belajar sebelumnya yang bisa menjadikan faktor pendukung dan pelengkap berkas kamu. Jika semua berkas sudah siap, jangan lupa untuk segera melakukan pendaftaran di waktu yang sudah ditentukan ya!
  3. Mengikuti Seleksi
    Hampir seluruh program beasiswa memiliki seleksi guna menentukan siapa-siapa saja orang terpilih yang berhak mendapatkannya. Di sini lah kamu harus belajar dengan keras agar bisa mengalahkan peserta lain dengan tingkat persaingan yang pasti juga sangat tinggi.
  4. Menyiapkan Diri untuk Tes Wawancara
    Setelah lulus seleksi ujian pun, masih ada satu rintangan lagi yang harus kamu lewati yaitu tes wawancara. Di sini akan dilihat intensi, kesungguhan dan seluruh motivasi kamu untuk bisa mendapatkan beasiswa. Penting bagi kamu untuk menyiapkan jawaban yang bagus dan memuaskan, menjawab setiap pertanyaan dengan lancar dan menunjukkan keseriusan kamu untuk bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik. Bukan hanya itu saja, kamu biasanya juga akan diminta untuk menjelaskan secara ringkas tentang apa yang akan kamu lakukan sesudah lulus nanti dan perubahan atau dampak positif apa yang bisa kamu bawa nanti.
  5. Mengikuti Diskusi atau Seminar
    Salah satu hal yang juga bisa mendukung kamu adalah mengikuti seminar-seminar Studying Abroad atau berdiskusi dengan senior atau mereka yang memiliki passion yang sama. Kamu bisa meminta tips dari para senior perihal apa-apa saja yang harus kamu persiapkan atau insight apa yang bisa kamu dapatkan agar bisa lulus seleksi dan menyelesaikan pendidikanmu dengan baik.
  6. Belajar dengan Giat
    The last but not least, tentunya adalah belajar dengan giat sejak dini! Belajar dengan giat bukan hanya otomatis membantu kamu mendapatkan nilai yang bagus yang bisa kamu masukan dalam berkas dokumen nanti, tapi juga membuka kesempatan yang lebih luas seperti mendapatkan rekomendasi guru/dosen dengan mudah dan kamu pun bisa mengerjakan soal seleksi dengan baik. Karena seperti yang sudah dibilang sebelumnya, seleksi untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri sangat sulit dan memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Pastikan kamu mendapatkan bimbingan belajar yang ahli dan terpercaya seperti Guru Ahli agar peluang kamu lulus juga bisa lebih maksimal lagi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *