preloader

Kuliah di Luar Negeri? Kenapa Tidak?

Menuntut pendidikan yang lebih tinggi adalah hal terbaik yang bisa dilakukan siapa pun yang ingin mengejar mimpinya, entah dalam hal mempelajari atau memperdalam bidang ilmu terkait, atau dalam membuka jalan/kesempatan yang lebih lebar.

Belajar di perguruan tinggi ternama juga merupakan salah satu mimpi banyak orang, tidak terkecuali untuk perguruan tinggi di luar negeri. Studying abroad, atau belajar di negeri orang memang terdengar keren dan menyenangkan, walaupun masih ada sebagian orang yang menganggap hal itu menakutkan. Kendala bahasa, merasa sendirian, biaya, kesulitan hingga tantangan yang tidak terduga adalah alasannya. Sobat Cerdas, jangan ragu ya jika kamu berminat untuk belajar di luar negeri, karena terlepas dari hal-hal yang disebutkan di atas, banyak keuntungan dan ada jalan keluar yang bisa membantu kamu lho!

Kursus Bahasa

Jika bahasa adalah kendala kamu, kamu bisa mempelajari bahasa negara yang kamu tuju terlebih dahulu. Rata-rata kampus di luar negeri juga mewajibkan pelajar asing untuk mengikuti program atau kursus bahasa terlebih dahulu sebelum mempelajari yang lainnya kok. Kamu juga bisa mengambil kursus di tempat lain untuk mempercepat proses belajar, bahkan sebelum kamu berangkat ke luar negeri. Practice makes perfect juga lho, Sobat Cerdas! Setelah sampai di negara tujuan, mau tidak mau kamu juga harus mempraktekan bahasa mereka dalam interaksi sehari-hari yang juga bisa membantu proses belajar kamu.

Apalagi jika kamu sudah mahir atau mengetahui basic bahasa Inggris, akan sangat membantu kamu dalam berkomunikasi karena hampir semua negara pasti sebagian besar/kecil penduduknya ada yang mengerti bahasa Inggris sebagai bahasa universal. Hal ini juga tentu bukan kendala bagi kamu yang memutuskan untuk pergi ke negara barat yang notabene menggunakan bahasa Inggris, bukan?

Memperluas Ilmu Pengetahuan dan Kesempatan

Dengan belajar ke luar negeri, kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu baru. Bukan hanya ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bidang studi yang kamu ambil, tapi juga pengetahuan dalam hal budaya negara asing dan berbagai pengalaman hidup yang dapat memperluas wawasan kamu. Kesempatan pun bisa lebih banyak terbuka jika kamu banyak menjalin relasi dengan pelajar internasional atau mengikuti komunitas-komunitas yang positif dan bernilai membangun.

Gelar

Tidak bisa dipungkiri jika gelar yang kamu dapatkan saat lulus nanti menjadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika belajar ke luar negeri, terutama jika kamu masuk fakultas ternama. Hal ini akan baik untuk CV yang bisa kamu gunakan dalam melamar pekerjaan maupun hal lainnya yang berkaitan.

Mendapatkan Pertemanan yang Luas

Jika selain belajar, kamu juga menyempatkan diri untuk bersosialisasi dengan baik ke orang-orang di sekitarmu, kamu akan memiliki relasi pertemanan yang luas. Tidak usah takut merasa sendirian karena hampir di semua negara yang menerima pelajar asing pasti memiliki komunitas pelajar asing yang berisikan mereka yang berasal dari negara yang sama, benua yang sama, atau berbagai macam negara asing lainnya. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan banyak teman yang seperjuangan.

Mendapatkan Beasiswa

Jika biaya pendidikan menjadi kendala kamu, yang perlu kamu lakukan adalah mencari beasiswa yang bisa mendukung penuh maupun sebagian biaya pendidikanmu. Zaman sekarang ada banyak sekali program pemerintah maupun swasta yang bisa kamu manfaatkan loh! Selain menopang biaya pendidikanmu, rata-rata beasiswa ini juga akan memberikanmu uang saku setiap bulannya. Meskipun demikian, kamu harus belajar super giat dan berusaha keras jika ingin mendapatkan beasiswa karena persaingannya memang tinggi sekali. Jika kamu mencari partner belajar yang bisa mendukung kegiatan belajarmu, kamu bisa lho bergabung dengan Guru Ahli yang memiliki banyak tenaga pengajar ahli yang akan membantu kamu.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *