preloader

Apa Sih Bedanya Jurusan Sastra Inggris & Pendidikan Bahasa Inggris?

Banyak orang yang salah mengira jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris itu sama, padahal meskipun sama-sama mempelajari bahasa Inggris, kedua jurusan ini sangatlah berbeda! Bukan hanya dari nama, tapi juga dari fokus yang dipelajari dan gelar yang akan didapatkan nanti. Kita simak uraian di bawah ini dulu yuk biar paham apa saja perbedaannya:

  1. Mata Kuliah

Belajar bahasa Inggris di perkuliahan tidak bisa disamakan dengan belajar bahasa Inggris di sekolah atau bimbel online, karena bukan hanya bahasanya yang dipelajari tapi juga berbagai aspek yang lebih detail lagi. Misalnya saja untuk Sastra Inggris, selain Grammar, Writing, Reading, hingga Listening yang menjadi salah satu mata kuliah paling utama, ada juga mata kuliah yang mempelajari sejarah kekaisaran Inggris, budaya Inggris, puisi, prosa, hingga interpretasi khusus terhadap karya sastra. Semua mata kuliah tersebut akan membantu mahasiswa lebih memahami berbagai aspek penggunaan bahasa sekaligus berbagai keahlian terkait dunia sastra.

Sementara itu, Pendidikan Bahasa Inggris memiliki mata kuliah yang berfokus pada pendidikan dan cara mengajar, selain mata kuliah utama seperti Grammar, Writing, Reading, hingga Listening juga. Mahasiswa bahkan akan diajari hal-hal penting yang bisa membantu mereka menjadi tenaga pengajar yang profesional.

2. Gelar yang Didapatkan

Nah, ini juga nih yang paling penting, gelar yang akan didapatkan setelah lulus perkuliahan juga berbeda ya, Sobat Cerdas. Mahasiswa Sastra Inggris akan mendapatkan gelar S.S (Sarjana Sastra) atau di beberapa kampus seperti Universitas Indonesia, gelarnya akan menjasi S.Hum (Sarjana Humaniora) karena berhubungan dengan kemanusiaan.

Untuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, gelarnya akan sama seperti jurusan pendidikan lainnya yaitu S.Pd (Sarjana Pendidikan)

3. Prospek Kerja

Karena gelar dan fokus kuliahnya berbeda, kedua jurusan ini juga memiliki prospek pekerjaan yang berbeda bagi lulusannya. Jika jurusan Pendidikan Bahasa Inggris bisa dipastikan cocok dalam ranah guru atau dunia pendidikan lainnya, Sarjana Sastra dari jurusan Sastra Inggris memiliki cakupan yang lebih luas di dunia pekerjaan kreatif seperti Editor, Copywriter, Content Writer, dan masih banyak lagi. Mereka juga bisa menjadi Translator hingga Diplomat.

Meskipun demikian, zaman sekarang jurusan kuliah tidak selalu bisa dijadikan pacuan dalam memilih atau mendapatkan pekerjaan. Beberapa instansi tentu akan mempertimbangkan jurusan seseorang ketika mencari tenaga kerja, tapi hal itu bisa dikembalikan lagi pada minat, keahlian hingga pengalaman yang juga dimiliki.

Demikianlah perbedaan antara jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. Kalau Sobat Cerdas berminat salah satu di antaranya, pastikan itu sudah sesuai dengan minat dan tujuan Sobat Cerdas nanti ya! Biar makin oke belajarnya, gabung ke Guru Ahli juga yuk, lagi ada promo paket bimbel online SBMPTN yang kece banget nih!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *