preloader

Jenis Jurusan yang Mengharuskan Kamu Punya Portofolio untuk SNMPTN dan UTBK SBMPTN

Sobat Cerdas, pendaftaran SNMPTN dan UTBK SBMPTN sebentar lagi akan dibuka. Apakah kamu salah satu orang yang berniat untuk mendaftar? Jika iya, jurusan apa yang akan kamu pilih? Tahukah kamu kalau beberapa jenis jurusan mengharuskan pesertanya untuk memiliki portofolio yang akan dijadikan salah satu acuan penilaian kelulusan?

Portofolio adalah kumpulan dokumen yang berisikan karya maupun prestasi seseorang. Kata “portofolio” sendiri biasa digunakan bagi orang-orang yang mencari kerja, biasanya perusahaan tempat melamar pekerjaan akan meminta portofolio yang berisikan “bukti” dari kemampuan yang mereka tulis di CV. Nah, dalam mendaftar universitas melalui SNMPTN maupun UTBK SBMPTN ternyata dibutuhkan portofolio juga lho! Tapi kondisi ini berlaku untuk jurusan yang berhubungan dengan bidang seni dan olahraga saja. Misalnya untuk kamu yang ingin masuk jurusan seni seperti Seni Rupa, Seni Musik, Desain Interior, atau jurusan olahraga seperti Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sendiri mengelompokkan portofolio ke dalam 10 jenis:

  1. Olahraga; 
  2. Seni Rupa, Desain, dan Kriya; 
  3. Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari); 
  4. Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama); 
  5. Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik); 
  6. Seni Karawitan; 
  7. Etnomusikologi; 
  8. Fotografi; 
  9. Film dan Televisi; 
  10. Seni Pedalangan.

Tenang saja Sobat Cerdas, kamu tidak harus mengumpulkan 10 jenis portofolio tersebut kok! Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan jurusan yang kamu pilih. Hal ini tentu saja bukan masalah besar jika sebelumnya kamu memang sudah aktif berprestasi dan memiliki pengalaman-pengalaman yang dibutuhkan untuk dimasukkan dalam portofolio.

Untuk Sobat Cerdas yang masih duduk di kelas 1 atau kelas 2, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal ini ya. Belajar dan cetak prestasi lah sejak dini sebanyak mungkin karena itu akan berpengaruh untuk masa depan kamu. Kamu juga bisa banget belajar bareng Guru Ahli untuk mempersiapkan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan hasil yang lebih maksimal lho, yuk buruan daftar sekarang!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *