preloader

Kisah Teladan: Ketulusan Seorang Sahabat

Sobat Cerdas, bagaimana libur akhir tahun kamu? Semoga dipenuhi dengan kebahagiaan bersama keluarga dan teman-teman, ya!

Nah, untuk memulai minggu ke-4 bulan Desember di tahun 2021 ini, kita baca Kisah Teladan dulu yuk. Ada banyak sekali kisah baik yang bisa menginspirasi kamu dari zaman lampau lho, salah satunya adalah kisah-kisah para Nabi beserta sahabat-sahabatnya. Kali ini, Kisah Teladan yang akan kamu baca datang dari Abu Bakar As-Sidiq, salah seorang sahabat terdekat Nabi Muhammad.

“Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang sangat menjunjung tinggi nilai persahabatan. Suatu ketika Rasulullah SAw merasa kelelahan dalam kejaran kaum Qurays yang menegangkan. Beliau lalu tertidur pulas di gua. Kepala beliau bersandar di bahu Abu Bakar. Abu Bakar lalu berjaga-jaga. Beliau khawatir jika tiba-tiba kaum kafir Qurays datang menyerang. Namun betapa terkejutnya Abu Bakar ketika dari lubang gua dekat Nabi tertidur muncul seekor ular. Beliau segera menutup lubang itu dengan kakinya agar ular itu tidak menggigit Nabi. Tapi, belum lama beliau menutup lubang itu dengan kakinya, tiba-tiba dari lubang lain muncul kalajengking. Beliau pun segera menutup lubang itu dengan kakinya yang lain. Kedua binatang itu lalu menggigit kedua kaki Abu Bakar. Ia sangat kesakitan. Namun, ia berusaha menahan rasa sakitnya itu. Karena sakit yang tak tertahankan, tanpa disadari air mata membasahi pipinya. Air mata itu akhirnya menetes hingga mengenai Nabi Muhammad. Seketika itu juga Nabi Muhammad terbangun. Beliau sangat terkejut melihat kondisi sahabatnya. Ia rela mengorbankan diri demi keselamatan beliau. Beliau pun lalu berterima kasih dan segera mengobati luka di kaki Abu Bakar.”

Apa interpretasi maupun pesan yang bisa kamu ambil dari cerita ini? Yap, benar sekali! Cerita ini berpesan agar kita selalu menjalin pertemanan yang tulus dan tidak takut berkorban untuk kebaikan.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *