preloader

Tutorial atau Tips untuk Kegiatan Pembelajaran yang Menyenangkan

Kegiatan belajar dan mengajar bisa menjadi menyenangkan, membosankan, atau bahkan menakutkan. Hal ini sesungguhnya didasari oleh metode pembelajaran alias cara mengajar yang diterapkan, selain itu karakteristik guru dalam membangun suasana belajar juga memiliki pengaruh yang sangat besar dalam semangat belajar siswa. Seringkali kita menemukan kondisi dimana seorang siswa menjadi malas belajar karena tidak menyukai pelajarannya atau tidak memahami cara mengajar gurunya, jika demikian, bagaimana siswa tersebut bisa mendapatkan nilai yang memuaskan?

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk bisa menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan?

  1. Kenali murid lebih dekat

Yang dimaksud lebih dekat di sini adalah dengan mengetahui gaya belajar maupun ketetampilan siswa. Apakah siswa tersebut lebih cenderung memahami materi yang diberikan secara visual, gerak/aktivitas atau pendengaran? Selain itu juga bisa dengan mencari tahu mata pelajaran atau hobi siswa, hal ini bisa mendukung proses belajar dan mengajar karena guru jadi bisa mengetahui pendekatan belajar seperti apa yang cepat dimengerti siswa, pun juga mengaitkan sedikit materi tersebut dengan hobi siswa agar bisa lebih menarik minatnya.

2. Bangun suasana yang akrab dan menyenangkan

Hal terbaik yang bisa dilakukan seorang guru adalah membangun suasana belajar yang menyenangkan dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran tidak terasa menakutkan. Penting untuk membuat siswa merasa akrab dan nyaman di kelas agar bisa berkonsentrasi pada pelajaran dengan baik dan berani untuk bertanya atau mengeluarkan pendapat.

3. Membuat game atau permainan di kelas!

Sekali-sekali, ada baiknya juga untuk melemaskan otak dengan membuat game di kelas. Lebih baik lagi jika game tersebut masih berhubungan dengan materi yang diajarkan sehingga siswa bisa merasa rileks dan belajar juga di waktu yang bersamaan.

4. Sediakan ruang diskusi

Selain game, bisa juga lho menyediakan ruang diskusi untuk melatih kemampuan berkomunikasi siswa. Bisa dengan membuat kelompok per kelompok dan menyediakan bahan diskusi yang menarik. Selain melatih keterampilan berkomunikasi, hal ini juga mampu melatih siswa berpikir kritis dan tentunya berbagi ilmu dengan teman sebayanya.

Demikianlah sekiranya beberapa tips yang bisa diambil untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Akan selalu ada cara untuk membuat seseorang memahami dan menyukai suatu pelajaran, salah satunya juga bisa dengan belajar bersama bimbel Guru Ahli yang menyediakan banyak sekali tenaga pengajar yang profesional dan berkompeten di bidangnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *