preloader

TUTORIAL EDIT VIDEO GREEN SCREEN DI ADOBE PREMIERE PRO

Tutorial Edit Video Green Screen di adobe premiere pro

Halo kawan creator guru ahli pasti nya kamu sudah pernah menonton film film hebat seperti the hobbit, iron man,The avenger. Sangat mengaggumkan bukan, padahal semua itu menggunakan tehnik Green Screen yang pada saat shooting nya berada di studio film, tidak perlu lagi membuat property atau menyiapkan hal hal yang berada di luar nalar penonton ya.

Kegunaan dari tehnik green screen ini juga tidak hanya di gunakan pada film animasi saja tetap juga dipakai pada video lainya contohnya pada video pembelajaran,video konferens,video tutorial dan masih banyak video lainnya.

Sangat keren sekali ya,anda juga bisa melakukannya sendiri. Ada beberapa trik tehnik editing yang akan saya bagikan di artikel ini dengan menggunakan effect video “Ultra Key” yang dapat di gunakan di semua software edit video salah satunya adalah Adobe Premiere Pro.

Sebelum lanjut ke cara pembuatan video green screen , saya akan menjelaskan apa itu Green Screen.

Baca Juga : SHORTCUT ADD EDIT MEMUDAHKAN SAAT MEMOTONG VIDEO ADOBE PREMIERE PRO

Pengertian Green Screen

Green screen atau yang diketahui dengan Layar hijau adalah alat yang digunakan sebagai latar belakang berupa kain Panjang yang berwarna hijau dilakukan pada saat memotret atau mengambil video, dan tujuan utama layar hijau (green Screen) adalah mengubah latar belakang secara digital dengan menambahkan efek visual tertentu.

layar hijau (Green Screen) ini juga mempersingkat waktu dan mengurangi biaya pengambilan gambar. Ini adalah cara paling alami dan efisien untuk menggabungkan subjek dengan kain hijau (green Screen) video saat memotret atau pengambilan video.

Tutorial cara edit video Green Screen Adobe Premiere Pro

Cara Pertama

Pastikan gambar atau video yang akan di edit sudah siap ada di project premiere pro, kemudian drag video greenscreen ke dalam sequence atau timeline edit.

Cara Kedua

Setelah video masuk kedalam timeline, kemudian menuju kotak effect control>Opacity> pilih Free draw Bezier kemudian akan tampil Effect yang bernama “Mask 1”  kemudian arahkan kursor mouse kearah monitor program kemudian seleksi bagian yang akan di berikan effect nanti, fungsi dari masking ini adalah untuk memudahkan proses keying pada greenscreen.

Nah setelah selesai di masking dan pastikan antar ujung point awal dan akhir saling bertemu ya, kemudian menuju ke setelan “Edge Feather” sesuiakan dengan kebutuhan ya, kira kira sekitar 56 persen, Kemudian atur “Mask Expansion” sekitar 16 persen. LIHAT GAMBAR 7 DAN 7A

Cara Ketiga

Setelah proses masking selesai kemudian proses memasukan effect keying, silahkan menuju toolbar Effect, ketikan “Ultra Key” drag effect ke dalam video.

Setelah effect “ultra key di masukan silahkan menuju effect control>Ultra key> pilih Eyedroper (lambang pipet) arahkan eyedropper ke area hijau atau background greenscreen. Lihat Gambar 9 dan 10

Setelah itu Nampak background hijau sudah hilang tinggal object nya saja, kemudian untuk merapihkan area sekitar object, terlebih dahulu silahkan pilih settingan output nya ke Alpha Channel,setelah Nampak hitam putih pada video, Lihat gambar 10a

Kemudian setelah itu masih dalam effect ultra key,silahkan ke bagian bawah setingan ada ada matte generation,mate cleanup,spill suppression,color correction. Nah pada artikel ini saya hanya akan membahas settingan dari mate generation dan mate cleanup, klik mate generation atur sesuai kan ke 20 % lalu highlight 0 shadow 28 tolerance 100 pedestal 37.8 LIHAT (GAMBAR 11).

Setelah setingan ultra key sudah sesuai dan background greenscreen hilang silahkan masukan background apa saja untuk mengisi gambar video pada objek green screen.

Baca Juga : CARA MEMBUAT VIDEO COMPANY PROFILE ADOBE PREMIERE PRO CC

Posisi background video ada di layer paling bawah yaitu layer 1, seperti pada gambar 13

seperti inilah hasilnya. Warna yang disediakan oleh efek UltraKey dapat direproduksi KEMBALI agar sesuai dengan latar belakang video yang diingikan konten creator.

Gimana teman-teman bisa mempraktikan nya sendiri ya,  sampai disini dulu pembahasan kali ini ya , next nya saya akan membuat artikel tentang editing video dari beberapa pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan . Kalau misalnya, Kalian ada pertanyaan ataupun saran dan masukan, Kalian juga bisa tinggalin jejak pada kolom komentar bawah ini ya. Jangan lupa buat follow blog ini Guruahli.id dan sampai ketemu lagi pada pembahasan berikutnya ya Semoga ini bisa membantu Terima Kasih.

Nonton juga video tutorial 👉 CARA EDIT VIDEO GREENSCREEN ADOBE PREMIERE PRO #TUTORIALGURUAHLI #ADOBEPREMIEREPRO #GREENSCREEN

Kumpulan Tutorial tentang pembuatan video.

  1. CARA MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN TANPA APLIKASI APAPUN HANYA MENGGUNAKAN WIN+ALT+R
  2. CARA CEPAT DAN MUDAH MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN TANPA WAJAH MENGGUNAKAN POWER POINT 2019
  3. TUTORIAL EDIT VIDEO GREEN SCREEN DI ADOBE PREMIERE PRO
  4. CARA MEMBUAT VIDEO COMPANY PROFILE ADOBE PREMIERE PRO CC
  5. CARA MENGATASI VIDEO OFFLINE ADOBE PREMIERE PRO CC
  6. SHORTCUT ADD EDIT MEMUDAHKAN SAAT MEMOTONG VIDEO ADOBE PREMIERE PRO
  7. CARA MEMBUAT PICTURE IN PICTURE ADOBE PREMIERE PRO
  8. CARA MENGGUNAKAN PRESET LUT ADOBE PREMIERE PRO 2020
  9. Cara Memotong Video dan Audio di dalam Timeline Adobe Premiere Pro 2020
Member Of Guru Ahli

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *