preloader

Syarat Dapat Beasiswa Bidikmisi 2022

Pemerintah selalu mengupayakan yang terbaik untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, salah satunya yaitu dengan menyediakan program beasiswa. Salah satu program beasiswa terbaik dari pemerintah yang tentunya sudah dikenal luas oleh masyarakat adalah bidikmisi.

Bidikmisi atau yang merupakan singkatan dari Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin Berprestasi dilaksanakan rutin setiap tahun dan berlaku bagi siapa pun yang memenuhi syarat maupun kualifikasi. Tahun demi tahun, bidikmisi telah membantu mahasiswa-mahasiswa berprestasi untuk menyelesaikan kuliah tanpa perlu mengkhawatirkan biaya pendidikan, bahkan mendapatkan uang saku per bulan untuk menunjang kebutuhan kuliah sehari-hari.

Lantas, apa saja kriteria yang harus dimiliki oleh peserta Bidikmisi?

Berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi

Beasiswa bidikmisi pada dasarnya ditujukan untuk mereka yang kurang mampu secara ekonomi. Agar ekonomi tidak menghalangi kesempatan siapa pun untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, beasiswa ini membebaskan biaya pendidikan seperti uang semester dan biaya-biaya lainnya yang termasuk dalam ketentuan program ini.

Memiliki prestasi akademik yang baik

Nah, untuk mendapatkan beasiswa yang sangat gemilang ini, setiap mahasiswa dituntut untuk berprestasiโ€”sesuai dengan nama beasiswa ini sendiri. Prestasi itu bisa ditunjukan di Sekolah Menengah Atas (pada rapor) sebelum mahasiswa mendaftar perguruan tinggi (sebagai penilaian) maupun sesudah di perguruan tinggi dengan mempertahankan nilai dan prestasinya di akademik.

Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi

Karena peminatnya sangat banyak, mereka yang lolos untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi haruslah mahasiswa yang memang memiliki minat tinggi untuk melanjutkan kuliah dan terus berprestasi.

Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah

Selain dari nilai sendiri, mereka yang mendapatkan rekomendasi dari guru maupun kepala sekolah dari SMA karena prestasi dan tingkah lakunya yang baik selama bersekolah juga memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi lho!

Sobat Cerdas, apakah kamu termasuk dalam kriteria yang kami sebutkan di atas? Jika ya, jangan lupa juga untuk memenuhi persyaratan dan ketentuan program bidikmisi sebagai berikut:

  1. Siswa SMA / SMKย  / MA / MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2022
  2. Lulusan tahun 2021 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut:
    -Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    -Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya
    -Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S-1 (Sarjana) atau Diploma 4
  5. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi dari kepala sekolah
  6. Pendaftar Bidikmisi diberi kesempatan untuk memilih salah satu jalur penerimaan Bidikmisi PTN atau PTS dengan memilih jalur (1) Bidikmisi SNMPTN, (2) Bidikmisi SBMPTN, (3) Bidikmisi jalur mandiri PTN, (4) Bidikmisi Politeknik (SNMPN), UT, dan ISI, (5) Bidikmisi jalur mandiri PTS

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *