preloader

Tips-Tips Lolos SNMPTN Tahun 2022

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tinggal beberapa bulan lagi. Berbeda dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang menerapkan metode ujian atau mengerjakan soal sebagai proses seleksi, SNMPTN menerapkan sistem nilai rapot dalam proses seleksinya. Mereka yang memiliki nilai rapot yang baik dengan standar tertentu lah yang berkesempatan untuk lulus seleksi ke PTN impian melalui jalur SNMPTN ini. Karena menerapkan sistem nilai rapot,  SNMPTN bisa dibilang merupakan jalur seleksi yang paling ketat dibandingkan jalur seleksi lainnya. Siswa SMA dari seluruh Indonesia akan diseleksi dari nilai rapor mereka dari semester 1 hingga semester 5.

Nah, buat Sobat Cerdas yang mempunyai incaran perguruan tinggi negeri impian, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin ya untuk SNMPTN maupun SBMPTN.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Sobat Cerdas lakukan agar bisa sukses lolos SNMPTN:

Terus belajar dengan baik dan jangan lengah

Seperti yang dibilang sebelumnya, salah satu penilaian utama SNMPTN adalah nilaiu rapor sekolah dari semester 1 hingga semester 5. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mempertahankan kualitas nilai di sekolah ya!

Cermat memilih jurusan

Entah itu jurusan di SMA (IPA dan IPS), atau jurusan di kampus nanti, pastikan Sobat Cerdas memilihnya dengan cermat ya! Sobat Cerdas bisa menyesuaikannya dengan minat serta kemampuan. Jika Sobat Cerdas ingin mengambil jurusan IPA saat kuliah nanti, pastikan untuk mengambil jurusan IPA juga saat di SMA ya, begitu pun sebaliknya untuk IPS. Lintas jurusan sebenarnya memungkinkan, tapi tetap tidak dianjurkan.

Pikirkan strategi dalam menyusun pilihan universitas maupun jurusan

Dalam SNMPTN, kamu bisa memilih dua jurusan sekaligus. Pastikan untuk mengurutkannya dengan benar; yaitu dari jurusan yang memang paling kamu minati hingga jurusan yang paling memiliki peluang masuk terbesar. Jangan melakukan hal sebaliknya atau malah menaruh jurusan yang tidak terlalu kamu minati di pilihan nomor 1, ya.

Ayo mengukir prestasi di sekolah!

Sobat Cerdas tahu tidak jika prestasi di sekolah juga mempengaruhi penilaian? Entah dari prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Jadi, semangat mengukir prestasi di sekolah juga ya biar punya kesempatan lolos SNMPTN yang lebih besar!

Demikianlah sekiranya beberapa tips yang dapat Sobat Cerdas lakukan untuk mempersiapkan SNMPTN. Belajar bareng Guru Ahli juga yuk biar persiapan SNMPTN maupun SBMPTN menjadi lebih maksimal!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *