preloader

Program “Bangkit” Persembahan Kemendikbud dan Raksasa Digital

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tidak ada hentinya mengembangkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dengan berbagai macam program beasiswa dan pelatihan. Kali ini, Kemendikbud Risktek bekerjasama dengan para raksasa digital seperti Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Deeptech Foundation menyelenggarakan program bertajuk “Bangkit” atau Bangun Kualitas Manusia Indonesia 2022.

Seperti yang kita tahu, digital merupakan salah satu faktor terpenting di zaman yang serba modern kini. Memiliki pengetahuan terkait aplikasi digital yang baik adalah penunjang kesejahteraan hidup, baik dari segi karir maupun dalam pembangunan negara dengan kualitas sumber daya manusia yang baik. Oleh karena itulah program Kemendikbud Ristek yang berkolaborasi dengan berbagai perusahaan besar berbasis digital ini dilakukan.

Peserta yang berhak mengikuti program ini adalah mahasiswa dari jurusan mana pun yang saat ini sedang menduduki semester enam. Mahasiswa tersebut juga harus memiliki keterampilan bahasa Inggris karena seluruh pelatihan dalam program ini akan dihantarkan dalam bahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa juga harus menyertakan surat pernyataan berkomitmen fokus mengikuti pelatihan selama enam bulan ke depan.

Pelatihan akan berfokus pada 3 kurikulum pembelajaran yaitu Machine Learning, Cloud Computing, dan Pemograman Android. Ada juga pembelajaran yang mengasah soft skill dengan metode pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara maupun menyampaikan presentasi dengan baik di hadapan publik.

Selain pelatihan, seluruh peserta juga akan didorong untuk mengaplikasikan berbagai ilmu yang didapat secara langsung melalui simulasi proyek usaha rintisan. 15 proyek yang paling menarik dan berhasil akan mendapatkan dana senilai 140 juta dari Dikti dan Google.

Hasil pelatihan dalam program Bangkit ini bisa dikonversi menjadi waktu belajar di universitas senilai 20 SKS. Peserta pun akan mendapatkan sertifikat dari Google secara gratis, dan yang lebih kerennya lagi adalah mendapatkan kesempatan menjadi salah satu kandidat untuk program Univerisity Internasional Fellowship (UIF) dari Stanford University.

Bukan hanya ilmu dan keterampilan yang didapat dari para ahlinya, mengikuti program ini juga dapat menambah pengalaman dan portofolio yang sangat menggiurkan di dunia karir. Untuk kamu yang berminat mengikuti program ini, segera daftarkan diri melalui website https://bangkit.academy/. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 31 Desember 2021.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *