preloader

Melanjutkan Pendidikan Sesuai Hobi? Bisa Banget Kok!

Setiap orang pasti punya hobi atau setidaknya minat terhadap suatu bidang tertentu. Akan sangat menyenangkan jika kita bisa menggeluti apa yang disuka ke tahap yang lebih serius, entah dari segi pendidikan atau segi karir. Nah, tahukah Sobat Cerdas jika ada beberapa jurusan di perguruan tinggi negeri yang cocok dengan beberapa jenis hobi? Yuk simak di uraian berikut:

1. Sastra

Hayo, siapa yang suka baca? Jurusan ini cocok banget nih buat kamu! Bukan hanya belajar bahasa, jurusan sastra juga akan membahas berbagai aspek literasinya; membaca, menulis, menginterpretasikan, hingga seni dan sejarahnya. Selain itu, jurusan sastra juga terbagi ke dalam berbagai macam bahasa lho, ada Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Korea, Sastra Mandarin, Sastra Arab, Sastra Jerman, hingga Sastra Rusia! Tinggal pilih yang sesuai dengan minat kamu. Lulusan dari jurusan ini umumnya bekerja di posisi yang berhubungan dengan tata bahasa seperti penulis dan editor, bidang kreatif seperti Copywriter dan Scriptwriter, hingga penerjemah atau translator. Tidak menutup kemungkinan juga mereka yang mengambil jurusan ini untuk bisa merambah ke berbagai bidang pekerjaan lainnya lho.

2. Kesenian

Nah, jurusan seni bisa dibilang merupakan surganya mereka yang begitu menggilai kesenian. Entah itu seni musik, seni tari, atau seni rupa. Meskipun paembelajarannya akan lebih difokuskan pada praktek, ada juga materi dan teori yang menarik untuk dipelajari. Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin menjadi seniman atau guru seni!

3. Desain

Berbeda dengan seni rupa yang mempelajari berbagai output seni seperti lukisan, jurusan desain seperti desain grafis adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep, bentuk, dan komposisi suatu karya visual. Selain itu, ada juga jurusan desain interior yang lebih menitikberatkan pada pola penataan dan seni dalam suatu ruangan. Jurusan ini umumnya diminati oleh mereka yang memiliki hobi menggambar dan ingin mengembangkan keahlian gambar mereka dari segi karir.

4. Keolahragaan

Buat yang punya hobi dan bakat di bidang olahraga, ada juga lho jurusan keolahragaan yang cocok untuk kamu! Sesuai dengan namanya, jurusan ini fokus pada berbagai ilmu olahraga yang terbagi lagi dalam beberapa cabang olahraga pula. Menarik banget kan?!

Selain keempat jurusan di atas, jurusan-jurusan lain sebenarnya bisa terkait dengan hobi dan minat masing-masing orang. Misalnya saja jurusan matematika untuk kamu yang hobi berhitung, jurusan biologi dan kehutanan untuk kamu yang menyukai alam dan masih banyak lagi! Masing-masing jurusan itu juga memiliki prospeknya masing-masing untuk karir kamu di masa depan lho, jadi jangan ragu untuk menyesuaikan dengan apa yang kamu mau ya! Apalagi jika melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri impian.

Yuk persiapkan diri dengan matang untuk ikut tes SBMPTN nanti bersama Guru Ahli, dijamin kamu bisa mengerjakan soal SBMPTN dengan lebih percaya diri!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *