preloader

Tips Menghadapi Soal-Soal SBMPTN!

Seperti yang kita tahu, SBMPTN merupakan ujian yang rutin diselenggarakan setiap tahun untuk menyeleksi lulusan SMA/SMK sederajat ke Perguruan Tinggi Negeri. Ujian ini pun dilaksanakan dalam waktu yang serentak di seluruh Indonesia, di mana siswa dapat menentukan tiga pilihan universitas yang dituju. Siswa yang berhak masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan adalah mereka yang memiliki akumulasi nilai SBMPTN tertinggi.

Oleh karena itu lah, dengan tingkat perbandingan penerimaan yang bisa mencapai 1:100, SBMPTN bisa dibiliang memiliki persaingan yang sangat ketat dan diperlukan persiapan yang sangat matang untuk bisa menghadapi soal-soal ujian SBMPTN.

Nah, untuk Sobat Cerdas yang ingin mengikuti SBMPTN, sudah ada persiapan apa saja nih? Berikut adalah beberapa tips untuk kamu menghadapi soal-soal SBMPTN nanti:

1. TRY OUT atau Latihan dari Soal-Soal SBMPTN Sebelumnya

Tips ini merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan jika ingin mengerjakan soal-soal SBMPTN dengan lancar. Pada dasarnya, tipe-tipe soal yang diberikan harusnya tidak jauh berbeda dari soal-soal sebelumnya. Jadi, mempelajari soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya akan membantu kamu untuk β€œterbiasa” dan tahu bagaimana menjawabnya. Mencoba Try Out SBMPTN, entah mencobanya sendiri melalui aplikasi atau melalui lembaga tertentu juga akan membantu kamu untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kamu menghadapi SBMPTN.

2. Melihat Pembahan Soal

Selain latihan soal, kamu juga perlu melihat pembahasan soal guna mengetahui cara menjawab yang benar. Bukan hanya sekadar jawabannya apa, tapi cara mendapatkan jawaban itu bagaimana. Dengan ini, kamu jadi tahu dasar-dasar menjawab soal dan bisa menghadapi jenis soal apa pun yang muncul.

3. Mengikuti Bimbel Terbaik

Nah, ini yang tidak kalah penting. Untuk kamu yang ingin lebih memastikan persiapan diri yang matang untuk menghadapi SBMPTN, tidak ada salahnya mendaftar bimbingan belajar agar bisa dibimbing oleh ahlinya! Salah satunya yaitu Bimbel Guru Ahli yang memiliki tenaga pengajar dan metode pengajaran terbaik.

4. Istirahat yang Cukup Sebelum Ujian

Sebelum hari H, ada baiknya kamu beristirahat yang cukup di rumah agar memiliki semangat dan tenaga yang cukup untuk menghadapi SBMPTN esok harinya. Jangan sampai usaha kamu belajar selama ini jadi sia-sia karena sakit atau kondisi badan yang kurang fit menjelang ujian. Istirahat yang cukup juga menghindarkan kamu dari resiko kesiangan dan terlambat ketika ujian. Jadi, selain belajar, pastikan untuk menjaga kesehatanmu dengan baik juga ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *