preloader

Peringatan Keras Untuk Para ASN!

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo akan menindak tegas ASN yang nakal. Tjahjo menyatakan akan memecat ASN yang terlibat kecurangan dalam seleksi CASN 2021 di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Sebagai pembantu presiden, Tjahjo menyatakan bahwa ia mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan visi dan misi presiden. Khususnya dalam hal reformasi birokrasi dan juga membangun semangat integritas di jiwa seluruh ASN. Lebih lanjut, Tjahjo menjelaskan pihak BKN dan Panitia Seleksi CASN telah bergerak untuk mengusut dugaan kecurangan tersebut. Mereka, ujar Tjahjo, sudah melakukan audit trail dan forensik dengan machine learning atau artificial intelligence untuk mengidentifikasi peserta yang curang.

Selain itu, Panselnas, BPN, dan KemenPAN-RB kini juga tengah membahas proses diskualifikasi peserta yang curang tanpa menimbulkan kegaduhan. Meski berharap kecurangan hanya terjadi di Buol, namun Tjahjo tidak menampik kemungkinan adanya kecurangan di wilayah lain. Pasalnya, Tjahjo curiga kecurangan tersebut dilakukan secara terorganisir oleh beberapa orang yang jumlahnya tak hanya satu atau dua orang saja. 

Sebelumnya, Kabiro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama menyatakan BKN bersama BSSN menemukan adanya kecurangan. Indikasi kecurangan tersebut terjadi pada pelaksanaan SKD CASN di Tilok Mandiri Instansi Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. BKN dan Panselnas kemudian menjatuhkan sanksi diskualifikasi kepada peserta yang terbukti melakukan kecurangan. Serta menerapkan proses hukum terhadap orang-orang yang terlibat kecurangan tersebut sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *