preloader

Para Siswa Harus Paham Apa Itu AKM Kelas

Sobat cerdas pasti sudah tahu kalau AKM itu berbeda dengan AN. Dan kabar nya Asesmen Nasional (AN) akan di laksanakan Tahun 2021 ini, tetapi tidak semua siswa dapat ikut AN di tahun ini. Dan perlu kamu tahu bahwa Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) juga menjadi bagian dari AN 2021.

Kemendikbud Ristek melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran (pusmenjar), telah mencanangkan AKM kelas yang bertujuan membantu para guru dalam memahami kemampuan literasi dan numerasi setiap individu peserta didik (siswa). Dan juga tentu untuk mengevaluasi kualitas sistem Pendidikan. Mulai dari tingkat satuan Pendidikan, kabupaten/kota, provinsi maupun nasional. Akan tetapi AKM tidak melaporkan hasil individu di tingkat satuan Pendidikan. Dan setiap sekolah secara mandiri menjadwalkan, menentukan mekanisme pelaksanaan, dan menetapkan peserta AKM kelas.

Guru diberikan kebebasan oleh Kemendikbud untuk menentukan jumlah dan peserta AKM kelas sekaligus mengolah hasilnya agar sesuai dengan kebutuhan di satuan Pendidikan. Peserta AKM kelas dibagi menjadi 6 level dan untuk jenjang SMP masuk dalam level 4 (kelas 7-8) dan level 5 (kelas 9-10).

Guru dapat mengidentifikasi pencapaian setiap siswa dalam kompetensi literasi dan literasi matematika saat pelaksanaan AKM kelas. Dan siswa harus paham setiap level telah disediakan paket asesmen membaca dan matematika yang berbeda tingkat kesulitannya.

Ada 4 tingkatan kompetensi literasi dan kompetensi matematika yang di butuhkan intervensi khusus, dasar, cakap, dan mahir. Para guru mata pelajaran dapat memanfaatkan AKM kelas untuk merancang pembelajaran yang sesuai tingkat kompetensi peserta didik.

AKM kelas bisa dilaksanakan dengan mengunduh aplikasi AKM kelas terlebih dahulu dengan menggunakan computer berbasis windows atau ponsel berbasis android pada laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas/ dan aplikasi tersebut dapat digunakan dengan mode semi daring sehingga tidak memerlukan jaringan internet selama pelaksanaan asesmen.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi AKM kelas antara lain:

1. fitur untuk mengunduh paket soal

 2. menentukan peserta

3. penjadwalan

4. pelaksanaan

5. mengolah hasil AKM kelas

Guru akan diberi akses dengan berbagai fitur pada aplikasi AKM kelas yang bisa diunduh melalui komputer maupun ponsel. Namun harus melakukan setelan terlebih dahulu dibantu oleh proktor.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *