preloader

“Ayo Kursus”, Program Diklat GRATIS dari Kemendikbud

Pendidikan memiliki peran penting di setiap aspek kehidupan dan merupakan faktor utama dalam kemajuan bangsa, tidak heran jika pemerintah pun selalu mengupayakan yang terbaik demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Beberapa di antaranya yaitu dengan mengadakan program beasiswa atau subsidi pendidikan, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, hingga mengembangkan kompetensi guru atau para tenaga didik di Indonesia.

Baru-baru ini,  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) resmi meluncurkan program “Ayo Kursus”. Program ini merupakan sarana pelatihan secara daring (online) GRATIS bagi mereka yang masih menganggur dan membutuhkan tambahan keterampilan khusus untuk meningkatkan peluang bersaing dalam dunia kerja.

Sasaran program diklat gratis dari pemerintah ini yaitu mereka yang berusia di bawah 25 tahun, entah yang tidak bersekolah maupun yang baru lulus dari sekolah menengah atas atau perguruan tinggi dan membutuhkan kursus serta pelatihan. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di Indonesia dan akan terintegrasi dengan program PKK (Pendidikan Kecakapan Kerja) dan PKW (Program Kecapakan Wirausaha).

Terdapat setidaknya 100-400 jam pembelajaran dengan berbagai pilihan jenis pelatihan keterampilan dalam program Ayo Kursus. Setiap peserta yang berminat mengikuti program ini wajib mendaftarkan diri dan memilih jenis pelatihan yang mereka mau untuk kemudian diarahkan ke LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) yang ditunjuk.

Cara mendaftarnya pun mudah, cukup dengan mengunjungi laman https://banper.binsuslat.kemdikbud.go.id/ayo_kursus/ dan mengikuti seluruh proses alur pendaftaran yang meliputi:

1. Buat akun Ayo Kursus dengan klik ‘Daftar Sekarang’

2. Isi data diri dengan lengkap termasuk NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nama LengkaP, hingga nomor WhatsApp atau email yang aktif

3. Pilih program pelatihan yang diminati

Setelah semua alur di atas selesai, kamu bisa langsung mengikuti program pelatihan Ayo Kursus secara GRATIS!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *