preloader

5 Perguruan Tinggi Negeri dengan Persaingan SBMPTN Terketat

SBMPTN menjadi salah satu pintu masuk menuju kampus impian. Persaingan dalam SBMPTN sangatlah ketat dan tidak mudah lho, Sobat Cerdas! Ibarat seperti pintu gerbang yang terbuka, tidak semua orang bisa masuk di waktu yang bersamaan, hanya sebagian orang yang pastinya lulus tes dengan nilai tertinggi saja yang mendapatkan tiket masuk untuk menjadi bagian dari Perguruan Tinggi Negeri yang dituju.

Nah, Sobat Cerdas pasti punya PTN idaman sendiri kan? Apakah PTN tujuan Sobat Cerdas termasuk ke dalam 5 perguruan tinggi negeri dengan persaingan SBMPTN terketat ini?

1. Universitas Indonesia

Sobat Cerdas pasti sudah tahu perihal universitas satu ini. Universitas Indonesia atau biasa disebut UI adalah salah satu universitas terbaik dan memiliki daya tarik paling kuat. Berlokasi di Depok dengan lingkungan perkuliahan yang asri, nyaman, dan berfasilitas lengkap. UI juga dipenuhi oleh mahasiswa berprestasi yang diakui lho!

2. Institut Teknologi Bandung

Ini dia salah satu universitas terkeren dan paling bergengsi lainnya di tanah air! Berlokasi di Bandung dengan fokus studi di bidang teknologi, sesuai dengan namanya. Institut Teknologi Bandung (ITB) juga merupakan salah satu universitas tertua yang sudah berdiri sejak tahun 1929 lho!

3. Universitas Gajah Mada

Saatnya kita membahas universitas yang terletak di Jawa Tengah tepatnya Yogyakarta nih, Sobat Cerdas! Siapa yang tidak kenal UGM? Salah satu universitas tertua di Indonesia dengan akreditasi tinggi ini sangat diakui lho.

4. Universitas Brawijaya

Universitas satu ini terletak di Malang, Jawa Timur. Selain ketiga kampus di atas, kampus ini juga mendapatkan penghargaan universitas terbaik oleh THE WUR (Times Higher Education World University Ranking) 2020 lho!

5. Universitas Padjajaran

Kampus terbaik lainnya dari tanah Bandung nih, Sobat Cerdas! Berdasarkan jumlah peminat, daya tampung, dan rasio persaingannya, beberapa jurusan di Universitas Padjajaran juga termasuk ke dalam pilihan jurusan dengan tingkat persaingan SBMPTN tertinggi! Di antaranya yaitu untuk jurusan Ilmu Komunikasi dan Manajemen.

Bagaimana? Apakah Perguruan Tinggi Negeri favorit kamu masuk ke dalam pembahasan di atas? Kelima daftar kampus di atas diambil dari tingkat kesulitan masuk serta jumlah peminat yang sangat besar. Pada dasarnya, semua Perguruan Tinggi Negeri memiliki kesulitannya sendiri dan harus diperjuangkan jika Sobat Cerdas ingin menjadi bagian darinya!

Nah, sudah sejauh apakah persiapan Sobat Cerdas untuk tes SBMPTN nanti? Jangan lupa mengikuti bimbingan belajar (bimbel SBMPTN) terbaik seperti Guru Ahli untuk memastikan diri mendapatkan bekal yang cukup di medan perang SBMPTN nanti, ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *