preloader

Yuk Mengenal Hak dan Kewajiban di Sekolah!

Setiap manusia, kapan pun dan di mana pun punya hak dan kewajiban lho, Sobat Cerdas! Tidak terkecuali seluruh warga sekolah seperti kamu. Nah, kamu sudah tahu belum hak-hak dan kewajiban apa yang kamu punya ketika menuntut ilmu di sekolah? Berikut ini Guru Ahli paparkan buat kamu ya.

1. Mendapat Materi Pelajaran

Hayo, buat apa lagi ke sekolah kalau bukan untuk belajar? Mendapat tambahan ilmu sejatinya menjadi hak kamu di sekolah. Kamu bisa mendengarkan penjelasan dari guru dan bertanya langsung jika kamu tidak mengerti.

2. Menggunakan fasilitas Sekolah

Fasilitas sekolah tentunya dibuat untuk membuat kondisi belajar dan mengajar menjadi nyaman, entah itu ruang kelas, perpustakaan, ruang kesehatan, ruang laboratorium, ruang komputer, hingga kantin dan lapangan sekolah. Bisa menggunakan fasilitas ini adalah hak kamu sebagai murid lho, Sobat Cerdas!

3. Merasakan Keamanan dan Kenyamanan di Sekolah

Selanjutnya, yang menjadi hak kamu adalah bisa merasakan keamanan dan kenyamanan selama di sekolah. Dengan perasaan aman dan nyaman, materi pembelajaran akan lebih mudah kamu cerna dan pahami.

4. Mentaati Peraturan Sekolah

Eits, yang ini masuknya ke kewajiban Sobat Cerdas sebagai warga sekolah! Percaya atau tidak, setiap tempat memiliki peraturan dan mentaati serta menjaga peraturan itu berjalan dengan baik adalah apa yang perlu kita lakukan untuk menjaga keseimbangan situasi di tempat terkait. Peraturan sekolah di antaranya adalah dengan memakai seragam, datang tepat waktu, tidak membuat kegaduhan di waktu dan tempat yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi.

5. Menjaga Fasilitas Sekolah

Poin nomor lima ini juga masuknya ke kewajiban kamu nih, Sobat Cerdas. Jangan sampai segala sarana dan prasarana yang sudah disediakan di sekolah demi kenyamanan bersama malah rusak karena pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Sebagai salah satu pihak yang  menikmati fasilitas ini, baiknya kamu ikut menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah ya!

6. Saling Menghormati

Yang paling utama, jangan lupa untuk menerapkan budaya saling menghormati ya. Inilah salah satu cara paling jitu untuk menciptakan lingkungan yang akrab dan sehat di sekolah. Hormatnya bukan kepada guru saja ya, tapi juga kepada staff di sekolah, kakak kelas, adik kelas, dan teman sebayamu juga!

Nah, demikianlah sekilas bahasan perihal hak dan kewajiban yang kamu miliki di sekolah. Meskipun di masa pandemi dan selama diberlakukannya PPKM ini kegiatan di sekolah masih dibatasi, ingat dan resapi poin-poin hak dan kewajibanmu sebagai warga sekolah ya! Jangan takut belajar sendirian dan jadi kurang bisa memahami pelajaran karena zaman sekarang sudah banyak platform belajar online seperti Guru Ahli yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar dengan aman dan nyaman #diRumahAja lho! Apalagi dalam mempersiapkan diri menghadapi persaingan SBMPTN nanti, pastikan kamu dibimbing oleh ahlinya bersama Guru Ahli ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *