preloader

Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Hai sobat cerdas! Supaya kita bisa lebih menghargai asal muasal negara kita, yuk kita cari tahu apa saja 12 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang pernah berjaya di masa lalu. Ada dua belas kerajaan Hindu Budha di Indonesia ini tentu saja jadi penentu budaya dan asal jati diri bangsa kita, sampai di masa sekarang. Bahkan tanpa kita sadari, ada banyak peninggalan-peninggalan kerajaan di masa lalu yang masih kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

Kerajaan Hindu

Kerajaan Hindu di Indonesia merupakan kerajaan-kerajaan yang memiliki corak agama Hindu. Beberapa kerajaan Hindu ini merupakan bukti nyata dari peradaban manusia di Indonesia loh sobat cerdas. Berikut ini adalah beberapa kerajaan Hindu yang tercatat dalam sejarah dan pernah ada di Indonesia, antara lain:

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai adalah Kerajaan Hindu yang paling tua di IndonesiaKerajaan Kutai berdiri pada abad ke-4 dan berlokasi di hulu sungai Mahakam,  Muara Kaman, Kalimantan Timur. Berdasarkan sumber sejarah, kerajaan ini dipimpin oleh 5 orang raja dengan raja terbesar yaitu Aswawarman, Kudungga dan Mulawarman.

2. Kerajaan Kanjuruhan 

Kerajaan Kanjuruhan telah berdiri sejak abad ke-7 Masehi dan merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu yang ada di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Raja Gajayana yang juga menjadi raja pertama dari kerajaan ini. Kerajaan Kanjuruhan terletak Malang, Jawa Timur tepatnya di desa Dinoyo. Salah satu peninggalan dari kerajaan ini adalah Prasasti Dinoyo yang ditulis dalam bahasa Sansekerta. 

3. Kerajaan Tarumanegara

Salah satu kerajaan Hindu dari daftar 12 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia selanjutnya adalah Tarumanegara yang berdiri pada tahun 400 hingga 500 Masehi. Berdasarkan isi dari prasasti Ciaruteun, Kerajaan Tarumanegara ini dipimpin oleh Raja Purnawarman yang merupakan raja ketiga, yang merupakan raja terbesar sepanjang sejarah kerajaan Tarumanegara.Terletak di Bogor, Jawa Barat. Kerajaan Tarumanegara semakin maju dalam bidang pertanian dan perdagangan karena pembangunan terusan air sepanjang 12 kilometer di Sungai Gomati. 

4. Kerajaan Kediri

Berdiri pada abad ke-11, kerajaan Kediri terletak di Jawa Timur. Beberapa prasasti menjadi sumber sejarah dari kerajaan ini seperti prasasti Hantang, Jaring, Cina, dan lainnya. Raja Jayabaya menjadi raja yang paling terkenal dari kerajaan Kediri. Barang seperti emas, kayu cendana, perak, dan pinang merupakan barang yang didagangkan pada masa kejayaan kerajaan Kediri.

5. Kerajaan Singasari

Tahukah kamu, Kerajaan Singasari merupakan kerajaan yang memakan banyak korban ketika didirikan. Tahun 1222 Ken Arok mendirikan kerajaan ini dengan membunuh Tunggul AmetungKen Arok lah yang menjadi raja pertama di Kerajaan Singasari. Kerajaan ini terletak di Kecamatan Singasari, Malang, Jawa Timur. Prasasti Mula Malurung, Candi Sumberawan dan Jawi merupakan beberapa peninggalan kerajaan Singasari. 

6. Kerajaan Majapahit

Nahkerajaan Hindu yang paling terakhir adalah Kerajaan Majapahit yang berdiri sekitar tahun 1293 hingga tahun 1527 Masehi. Kerajaan ini berpusat di Jawa Timur dan didirikan oleh Raden Wijaya. Raja Hayam Wuruk yang namanya sering kita dengar itu juga merupakan salah satu pemimpin kerajaan ini. Ia memerintah pada tahun 1350-1389. Salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit ialah Candi Cetho.

Kerajaan Budha

Seperti halnya kerajaan Hindu, kerajaan Budha merupakan kerajaan-kerajaan yang memiliki corak agama Budha. Berikut ini adalah beberapa kerajaan Budha yang ada di Indonesia, yaitu:

1. Kerajaan Kalingga

Pernah terbagi menjadi dua bagian yaitu Keling dan Medang, Kerajaan Kalingga merupakan kerajaan Budha pertama di pantai utara Pulau Jawa. Berdiri pada abad ke-6 Masehi kerajaan ini juga dikenal sebagai Kerajaan Holing. Beberapa rajanya antara lain Raja Wasumurti, Raja Wasugeni, dan Raja Wasudewa. Beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Kalingga ialah Prasasti Tukmas, Prasasti Upit, dan Candi Angin.

2. Kerajaan Sriwijaya

Nah, kalau Kerajaan Budha pertama sekali di Indonesia adalah Kerajaan Sriwijaya. Berdiri sekitar abad ke-7 Masehi, kerajaan ini berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan. Perdagangan maritim menjadi andalan kerajaan ini pada masanya. Hal ini menjadikan Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan yang sukses berkuasa di Nusantara. Raja Balaputradewa menjadi raja yang paling terkenal dari kerajaan ini karena mampu membawa Sriwijaya ke puncak kejayaannya. Prasasti Dapunta Hyang dan Kedukan Bukit merupakan beberapa peninggalan sejarah dari kerajaan ini. 

3. Kerajaan Dharmasraya

Berlokasi di hulu Sungai Batanghari, Sumatera kerajaan Dharmasraya ini berdiri pada  tahun 1183 Masehi. Kerajaan ini mengalami keruntuhan pada masa pemerintahan Raja Adityawarman pada tahun 1347 Masehi. Prasasti Grahi menjadi salah satu bukti pernah berdirinya kerajaan Dharmasraya yang memiliki corak Budha di Indonesia.

4. Kerajaan Mataram Kuno

Pada awalnya, Kerajaan Mataram Kuno adalah kerajaan yang bercorak Hindu. Namun, pada masa  pemerintahan dinasti Syailendra Wangsa, kerajaan Mataram kuno beralih menjadi kerajaan yang bercorak Budha. Kerajaan Mataram Kuno awalnya berdiri di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah pada 752 Masehi. Namun kemudian kerajaan ini berpindah ke Jombang dan Madiun di Jawa Timur.

5. Kerajaan Sri Bangun

Kerajaan bercorak Budha dari daftar  12 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia selanjutnya adalah kerajaan Sri Bangun. Tahun berdiri kerajaan ini tidak diketahui secara pasti hingga saat ini. Kerajaan Sri Bangun terletak di Kota Bangun, Kalimantan Utara yang tidak jauh dari ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara yakni Tenggarong. Raja Qeva merupakan raja yang paling terkenal dari Kerajaan Sri Bangun. Peninggalan sejarahnya antara lain: Situs Sri Bangun, Arca Buddha Pengembara, Patung Singa Noleh, dan Patung Lembu Nandi. 

6. Kerajaan Bali Dwipa

Kerajaan Bali Dwipa Semarapura merupakan Kerajaan Budha kuno yang ada di Indonesia dan berdiri sekitar abad ke-8. Kerajaan ini terletak di sekitar Gianyar, Bali. Di Kerajaan ini, bertahta Dinasti Syailendra yang dipercaya oleh masyarakat sebagai turunan Dewa. Peninggalan sejarah dari kerajaan ini terdiri dari beberapa prasasti dan juga patung. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *