preloader

24 Oktober: Memperingati Terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Salah satu organisasi internasional yang tidak asing di telinga kita adalah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Tapi, tahukah kamu tentang sejarah dan tujuan dibentuknya PBB? Mengingat hari ini pada 77 tahun yang lalu (24 Oktober 1945) adalah tanggal terbentuknya PBB, kita bahas dalam artikel kali ini yuk!

Awalnya, organisasi ini dikenal sebagai LBB (Liga Bangsa-Bangsa) yang didirikan pada tahun 1919. Namun, karena dinilai gagal menjalankan tujuannya dan tidak berhasil mencegah perang dunia II, LBB pun dibubarkan hingga akhirnya berubah menjadi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Tujuan awal berdirinya PBB adalah untuk mengakomodir urusan antarnegara, walaupun tidak bisa dipungkiri jika saat itu PBB juga dibentuk untuk melawan negara yang bertentangan dengan blok sekutu (United Nations) yang tidak menginginkan terjadinya peperangan.

PBB pertama kali berdiri dengan anggota awal sekitar 51 negara. Hingga anggotanya semakin meningkat pesat dengan jumlah total 193 negara, termasuk Indonesia yang bergabung pada tanggal 28 September 1950. Markas pusat PBB kini terletak di tengah kota New York, Amerika Serikat. Selain itu, ada juga beberapa markas cabang lain yang tersebar di Jenewa, Swiss, Wina, Austria, dan beberapa kota lainnya. Sampai saat ini, PBB pun aktif menangani berbagai kasus internasional atau sengketa antarnegara (sebagai jembatan/penengah), yang tentu saja mengutamakan perdamaian.

Jika dirangkum, tujuan PBB terdiri dari beberapa poin di bawah ini:

• Menyelamatkan generasi masa depan dari bencana perang berkepanjangan
• Menegaskan hak asasi manusia
• Menciptakan kondisi di mana keadilan serta kehormatan atas kewajiban yang muncul dari perjanjian dan hukum internasional

Hubungan antarnegara, terlebih lagi ratusan negara, memang tidak sederhana. Di sini lah PBB memiliki peranan yang penting untuk menghindari konflik atau peperangan di dunia. Meskipun banyak juga pro dan kontra mengenai kebijakan yang dikeluarkan oleh PBB, mari kita selalu mengingatkan diri untuk kembali ke akar dan tujuan perdamaian di dunia dari terbentuknya organisasi ini ya, Sobat Cerdas!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *