preloader

Ubur-Ubur Abadi yang Harus Pecinta Science Ketahui!

Sobat Cerdas, alam yang kita tinggali menyimpan banyak misteri dan keajaiban yang mungkin belum pernah diketahui loh! Tentang apa saja yang ada di luar angkasa sana, tentang berbagai keajaiban bangunan sejarah yang nyata adanya, hingga tentang kehidupan di bawah laut yang banyak rupanya. Satu demi satu fakta pun terkuak dengan semakin majunya teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan manusia, salah satunya yaitu fakta tentang ubur-ubur abadi yang harus kamu ketahui!

Hah, apa tuh maksudnya ubur-ubur abadi?

Ubur-ubur abadi adalah julukan yang diberikan untuk salah satu jenis ubur-ubur yang katanya “tahan banting” atau mempunyai daya tahan hidup yang sangat tinggi, nama latinnya adalah Turritopsis dohrnii.

Kenapa bisa dijuluki ubur-ubur “abadi”?

Dalam banyak kondisi, ubur-ubur ini bisa dengan mudah menyelamatkan dirinya melalui proses “regenerasi” diri. Meskipun mereka mereka terluka berat, kelaparan, atau mengalami tekanan lingkungan lainnya hingga diambang kematian, mereka bisa melindungi diri dengan cara transdiferensiasi. Turritopsis dohrnii dewasa yang terluka bisa kembali menempel ke permukaan yang kokoh dan mengubah dirinya menjadi gumpalan kecil, untuk kemudian berubah lagi menjadi polyp dimana hewan ini mulai aktif secara seksual. Polyp ini lah yang menjadi wujud baru Turritopsis dohrnii yang akan selalu memiliki siklus hidup yang sama.

Meskipun demikian, bukan berarti hewan ini tidak bisa mati. Turritopsis dohrnii bisa mati ketika mereka dimakan oleh makhluk yang lebih besar atau ketika mereka tidak memiliki ekosistem yang mendukung siklus hidupnya.

Bagaimana, Sobat Cerdas? Cukup “ajaib” dan menakjubkan, bukan? Jika kamu mencintai ilmu science, kamu pasti sadar bahwa ada banyak sekali fakta-fakta lain yang menarik untuk dicaritahu, salah satunya adalah tentang ubur-ubur ini! Nantikan fakta alam yang menarik lainnya di Blog Guru Ahli, ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *